Saturday, April 13, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Siapkan Atlit Potensial, FPTI Jaring Bibit Muda Panjat Tebing

Siapkan Atlit Potensial, FPTI Jaring Bibit Muda Panjat Tebing

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Probolinggo tengah serius menyiapkan atlit potensial yang bakal diproyeksikan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur Tahun 2023.

Salah satunya dengan memberikan pelatihan secara intensif untuk menyiapkan bibit muda menjadi atlit panjat tebing, sehingga mampu mewakili Kabupaten Probolinggo di tingkat regional maupun nasional.

Ketua Pengkab FPTI Probolinggo Wicaksono menyampaikan beberapa klub climbing diberikan kesempatan untuk mengikuti latihan. Apabila mereka memiliki potensi unggul dan memenuhi klasifikasi dari cabang olahraga (cabor), maka akan dilakukan pembinaan lebih intensif.

“Proses pembibitan calon atlit panjat tebing ini dilakukan sejak awal bergabung di klub. Pembinaan dilakukan selama lima tahun untuk merasakan kualitas yang didapat oleh atlit,” katanya.

Ia pun memastikan bahwa proses latihan harus dilakukan secara berkelanjutan. Jika hanya sepekan sekali saja tentunya sangat sulit untuk menjadi atlit yang potensial. Pembibitan bisa dilakukan sejak usia dini dan untuk kejuaraan nasional usia yang dipertandingkan 9 tahun dan di tingkat dunia usia 18 tahun.

“Kami memberikan pendampingan hingga menjadi atlit. Untuk meningkatkan kekuatan otot bisa mengikuti latihan fisik tiap Rabu, Kamis dan Sabtu latihan tambahan dan Selasa serta Jum’at latihan panjat,” terangnya.

Menurutnya, latihan panjat tebing ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh bergabung dengan FPTI Kabupaten Probolinggo gratis tanpa dipungut biaya. “Kami membuka ruang bagi yang berminat bergabung dan berlatih. Silahkan datang ke basecamp FPTI di kompleks SMAN 1 Kraksaan setiap hari Selasa pukul 15.00 WIB dan hari Jum’at pukul 14.00 WIB,” pungkasnya. (wan)