Tuesday, May 21, 2024
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Sambang Tretan Bersama Ratusan Kades dan Perangkat Desa

Wabup Timbul Sambang Tretan Bersama Ratusan Kades dan Perangkat Desa

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko melakukan sambang tretan bersama dengan ratusan kepala desa (kades) dan perangkat desa dari Kecamatan Besuk dan Pakuniran di Kantor Kecamatan Besuk, Senin (12/12/2022).

Turut mendampingi Wabup Timbul, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Edy Suryanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Hengki Cahjo Saputra, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Oemar Sjarief, Kepala Dinas Sosial Achmad Arif dan Kepala Dinas Perhubungan Taufik Alami.

Sambang tretan ini diikuti oleh 772 orang Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa se-Kecamatan Besuk dan Pakuniran. Mereka didampingi oleh Camat Besuk Puja Kurniawan dan Camat Pakuniran Imron Rosyadi.

Kegiatan ini diawali dengan peninjauan stand produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Besuk serta penyerahan santunan kepada para anak yatim piatu di Kecamatan Besuk.

Camat Besuk Puja Kurniawan menyampaikan ucapan terima kasih atas selesainya rehabilitasi jalan Besuk-Kedungcaluk yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih atas rehabilitasi jalan Besuk-Kedungcaluk. Program jalan ini adalah program dari Bapak Wakil Bupati Probolinggo yang mengusulkan ke pemerintah pusat. Ke depan akan dilakukan perataan di sisi kanan dan kiri jalan dengan tanah urugan. Harapannya kalau sudah diratakan tidak ada musibah jatuh dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan kegiatan sambang tretan semacam ini penting dilakukan. Selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai wadah pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa.

“Ke depan aparatur desa dituntut untuk mampu meningkatkan kinerja, disiplin, kemampuan manajerial dan profesional. Kepala desa dan perangkatnya dituntut mampu mengelola anggaran yang nilainya cukup besar,” katanya.

Oleh karena itu jelas Wabup Timbul, kades dan perangkat desa harus lebih meningkatkan kapasitasnya dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah aspek moralitas aparatur.

“Keterampilan dan profesionalisme aparatur hendaknya juga dibarengi dengan keimanan dan ketaqwaan yang baik. Aparatur pemerintah desa juga dituntut mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki desanya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Sebagaimana diketahui bersama terang Wabup Timbul, Kecamatan Besuk memiliki potensi olahan kue kering satru dan sagon serta pengrajin batik yang tersebar di 17 desa. Demikian pula Kecamatan Pakuniran yang memiliki potensi pengembangan agropolitan perkebunan rakyat, potensi pertambangan, potensi olahan kue kering dan pengrajin batik.

”Saya harap kepala desa beserta perangkat desa didukung ibu-ibu PKK untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki desanya. Teruslah berkreasi dan berinovasi agar dapat bersaing dalam kompetisi di era globalisasi yang semakin pesat ini,” pungkasnya. (wan)