Friday, September 17, 2021
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Buka Musrenbang RKPD 2022

Wabup Timbul Buka Musrenbang RKPD 2022

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Probolinggo tahun 2022 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin (22/3/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo ini mengambil tema “Mempercepat Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi, Perlindungan Sosial, Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur Dasar”.

Musrenbang ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Forkopimda, para Staf Ahli dan Asisten serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, Rektor Universitas Panca Marga, perwakilan Ormas, Ketua Fprum CSR Kabupaten Probolinggo, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono.

Selain itu, Musrenbang RKPD Kabupaten Probolinggo Tahun 2022 ini juga diikuti secara virtual (online) oleh Bappeda daerah tetangga (Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang), 110 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Probolinggo tahun 2022 oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bersama perwakilan peserta Musrenbang RKPD tahun 2022. Yakni, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Wakil Rektor Universitas Panca Marga, Ketua Forum CSR Sugeng Nufindarko, Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Santiyono dan Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Syihabuddin Sholeh.

Kegiatan ini juga diisi dengan paparan secara virtual tentang arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Koordinasi Wilayah V Jember Benny Sampirwanto.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan penekanan arah kebijakan yang diambil nanti di tahun 2022 berdasarkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 3 (tiga) tahun sebelumnya. Berdasarkan data capaian sektor ekonomi, IPM, kemiskinan, reformasi birokrasi, lingkungan hidup, infrastruktur dasar yang relatif dibawah angka rata-rata Provinsi Jawa Timur, maka diperlukan percepatan pencapaian target IKU tahun 2022.

“Memperhatikan kebijakan dan program prioritas nasional/propinsi di wilayah Kabupaten Probolinggo maka diperlukan percepatan pembangunan infrastruktur, pengembangan pariwisata dan penanganan pandemi Covid-19. Kerjasama antar daerah terutama wilayah yang berbatasan dengan pemerintah kabupaten/kota sekitar dalam rangka peningkatan kesejahteraan bersama di wilayah Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, kesepakatan Forum Musrenbang ini selain sebagai bahan penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2022, juga merupakan bahan usulan kegiatan bagi Musrenbang tingkat provinsi maupun pusat. “Oleh karena itu, hendaknya dimusyawarahkan secara serius sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan prioritas pembangunan daerah tahun 2022 diantaranya pemulihan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan kawasan strategis agropolitan, minapolitan, pariwisata, industri, dan ekonomi kreatif, penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah melalui perlindungan sosial, peningkatan kesempatan kerja, peningkatan peran pemerintah dan lembaga desa serta memutus rantai penyebaran Covid-19, penurunan AKI, AKB, stunting dan penyakit menular lainnya.

“Selanjutnya, meningkatkan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah melalui penyelenggaran pendidikan yang bermutu, meningkatkan cakupan layanan infrastruktur dasar dan penyediaan perumahan layak bagi masyarakat, meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan melalui pelaksanaan reformasi birokrasi serta tanggap bencana melalui pemetaan dan pengendalian lingkungan,” jelasnya.

Santiyono menerangkan dalam menyusun RKPD tahun 2022, Pemkab Probolinggo memanfaatkan aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri yaitu SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah).

“Rekapitulasi jumlah usulan Musrenbang yang telah diinput dan diverifikasi dalam SIPD sebanyak 3.878 usulan dengan rincian usulan desa sebanyak 924 usulan, usulan ormas/lembaga sebanyak 2.926 usulan dan usulan individu sebanyak 28 usulan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan pokok-pokok pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo. Pokok-pokok pikiran tersebut diperoleh saat melakukan reses bersama masyarakat. (wan)