Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Buka Gerakan Masyarakat Kali Bersih

Wabup Timbul Buka Gerakan Masyarakat Kali Bersih

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi membuka kegiatan Gerakan Masyarakat Kali Bersih (Germas Kasih) yang digelar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo di Jalan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan yang bersebelahan dengan Kali Kertosono Kraksaan, Kamis (14/11/2019) pagi.

Pembukaan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta Camat Kraksaan Muhamad Ridwan dan jajaran Forkopimka Kraksaan.

Germas Kasih ini diikuti oleh 1.000 orang peserta terdiri dari TNI sebanyak 100 orang, Polri sebanyak 30 orang, GP Ansor sebanyak 25, P2DMP (Perkumpulan Pasien Diabetes Militus Plus) sebanyak 6 orang, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sebanyak 164 orang, kecamatan sebanyak 84 orang, 5 kelurahan di Kecamatan Kraksaan sebanyak 65, 13 desa di Kecamatan Kraksaan sebanyak 169 serta DPUPR Kabupaten Probolinggo sebanyak 357 orang.

Kegiatan Germas Kasih ini dilaksanakan di 12 lokasi di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Kali Rondoningu (hulu dan hilir), afvour Rondoningu (timur Pasar Semampir hingga depan penjara/pegadaian), afvour Rondoningu (belakang Kantor Bupati Probolinggo hingga hilir jembatan kembar), Kali Kertosono (jembatan Rangkang hingga hilir BNI) serta afvour Kraksaan Wetan (barat Diva Swalayan).

Selanjutnya, Kali Kandangjati (TMP Kraksaan hingga hilir jembatan Kandangjati/Sampoerna), afvour Kandangjati (depan Samsat Kraksaan), kali sekitar Kecamatan Tongas, Kali Pesisir, kali sekitar Kecamatan Dringu, kali sekitar Kecamatan Gending (Kali Banyubiru, Timur Sasa Inti) serta kali sekitar Kecamatan Pajarakan (afvour Jati Ampuh).

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul didampingi Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo menyerahkan secara simbolis alat kebersihan program Germas Kasih kepada perwakilan TNI, GP Ansor dan masyarakat di Kecamatan Kraksaan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kabupaten Probolinggo Oemar Sjarief mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai, memberikan motivasi kepada masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat serta mengantisipasi terjadinya luapan sengai pada saat musim penghujan.

“Tujuan kegiatan kali bersih ini sejalan dengan tujuan Gerakan Indonesia Bersih. Yakni, mengedukasi masyarakat untuk terus berperilaku hidup sehat, menjaga lingkungan agar senantiasa bersih serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku bersih dan sehat, sehingga masyarakat bisa terbebas dari penyakit. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong khususnya di daerah perkotaan,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

“Germas di Kabupaten Probolinggo tahun ini dikemas dengan kegiatan membersihkan aliran sungai secara serentak di 12 lokasi. Oleh karena itu nama kegiatan yang kita ikuti bersama pagi ini adalah Germas Kasih yang merupakan singkatan dari Gerakan Masyarakat Kali Bersih,” katanya.

Dengan kegiatan semacam ini Wabup Timbul mengharapkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai semakin meningkat dan dapat menjadi motivasi untuk selalu hidup bersih dan sehat. Germas Kali Bersih ini juga bermanfaat untuk mengantisipasi terjadinya luapan sungai pada saat musim penghujan.

“Tujuan kegiatan kali bersih ini sejalan dengan tujuan Gerakan Indonesia Bersih. Yakni, membiasakan masyarakat untuk terus berperilaku hidup sehat, menjaga lingkungan agar senantiasa bersih serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku bersih dan sehat. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong khususnya di daerah perkotaan,” jelasnya.

Wabup Timbul menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Probolinggo dan semua pihak yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik serta ikut berpartisipasi menciptakan lingkungan sehat dan bersih, khususnya di aliran sungai yang melintas di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Perlu diingat bahwa setiap gerakan tidak hanya sebatas seremonial peluncuran dan pembukaan saja, tapi harus ada tindak lanjut. Oleh karena itu melalui gerakan ini diharapkan dapat memunculkan kegiatan ikutan yang dapat semakin meningkatkan derajat kesehatan lingkungan dan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Selanjutnya Wabup Timbul didampingi Forkopimda, Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari dan sejumlah pejabat OPD turun ke Kali Kertosono untuk membersihkan sampah dan tanaman liar yang mengotori aliran sungai. (wan)