Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemuda Karang Taruna Gading Wetan Dilatih Sablon dan Konveksi

Pemuda Karang Taruna Gading Wetan Dilatih Sablon dan Konveksi

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Sebanyak 20 orang pemuda dan pemudi Karang Taruna Gading Mandiri Desa Gading Wetan Kecamatan Gading mendapatkan pelatihan sablon dan konveksi dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo, Kamis hingga Sabtu (14-16/11/2019).

Kegiatan penciptaan wirausaha baru tenaga kerja mandiri ini didanai melalui APBN Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia. Selain mendapatkan teori dan praktek, pemuda dan pemudi karang taruna ini juga mendapatkan bantuan peralatan sablon dan konveksi.

Bantuan peralatan sablon dan konveksi ini diserahkan oleh Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin kepada Kepala Desa Gading Wetan Supriyono disaksikan oleh Camat Gading Taufik Alami dan Babinsa Desa Gading Wetan Kecamatan Gading.

Kepala Desa Gading Wetan Supriyono menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Disnaker Kabupaten Probolinggo kepada para pemuda dan pemudi karang taruna di desanya.

“Harapannya pelatihan sablon dan konveksi ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, khususnya Karang Taruna Desa Gading Wetan sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara Camat Gading Taufik Alami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Probolinggo melalui Disnaker Kabupaten Probolinggo yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa Gading Wetan untuk bisa berlatih sablon dan konveksi.

“Inilah momentumnya untuk gerakan masyarakat sejati. Nantinya desain sablonnya harus ada water sport sebagai simbolnya. Karena disini ada pengembangan budidaya kelinci, maka nanti identitasnya kelinci sedang wisata tubing. Disini juga banyak kayu sengon yang terbuang, ini harus dimanfaatkan sebagai gantungan kunci sehingga bisa menjadi souvenir khas Desa Gading Wetan,” ungkapnya.

Menurut Taufik, pelatihan sablon dan konveksi ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Desa Gading Wetan, Pemerintah Kecamatan Gading dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tentunya hal ini harus menjadi semangat untuk membangun desa.

“Tahun 2020 kami akan menyusun program-program pemberdayaan masyarakat. Alhamdulillah, kami sudah mendapatkan support dari Disnaker Kabupaten Probolinggo untuk mengangkat produk desa wisata yang bisa dijadikan sebagai souvenir. Sehingga setiap yang datang kesini akan membawa oleh-oleh souvenir khas Desa Gading Wetan,” terangnya.

Sedangkan Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin menyampaikan pelatihan sablon dan konveksi ini bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha baru di kalangan generasi muda.

“Kebetulan kami mempunyai tugas bagaimana membentuk wirausaha-wirausaha baru. Terlebih di Desa Gading Wetan ini akan dijadikan sebagai desa wisata. Karena bantuan peralatan ini mau diberikan ke karang taruna, mohon untuk dikelola menjadi usaha bersama,” katanya. (wan)