Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Vaksinasi Rabies Serentak Cetak Rekor MURI

Vaksinasi Rabies Serentak Cetak Rekor MURI

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo bersama dengan Puskeswan Seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan vaksinasi rabies pada Sabtu (7/10/2023) mengadakan kegiatan vaksinasi massal serentak untuk anjing, kucing, monyet dan musang.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September 2023 dengan target masuk Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini bertemakan “All for 1, One Health for All” (Semua Untuk 1, Satu Kesehatan untuk Semua).

Vaksinasi rabies yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini dihadiri oleh Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi didampingi Sekretaris Diperta Kabupaten Probolinggo Arif Kurniadi, dokter hewan se-Kabupaten Probolinggo serta Puskeswan Seluruh Indonesia yang mendapatkan alokasi vaksin rabies diantaranya Puskeswan Krucil dan Wonomerto Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan dan meningkatkan imun pada hewan kesayangan terhadap penyakit rabies yang merupakan penyakit zoonosis. Yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

“Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo berharap kegiatan semacam ini disambut baik oleh masyarakat, dapat dilaksanakan setiap tahun dan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya vaksinasi rabies,” katanya.

Mahbub menjelaskan, melalui kegiatan ini Kabupaten Probolinggo menjadi bagian dari terciptanya rekor MURI pelaksanaan vaksinasi rabies secara massal serentak di Indonesia, dengan data jumlah hewan kesayangan yang di vaksin di seluruh Indonesia berjumlah 33.154 ekor terdiri dari anjing 12.110 ekor, kucing 20.813 ekor dan lainnya (musang dan monyet ) 231 ekor.

“Jumlah hewan kesayangan yang di vaksin di Puskeswan Krucil dan Wonomerto berjumlah 100 ekor dengan perincian 85 ekor kucing, 14 ekor anjing dan 1 ekor musang,” pungkasnya. (wan)