Wednesday, October 20, 2021
Depan > Pemerintahan > Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan Kepada Seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit

Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan Kepada Seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit

Reporter : Hendra Trisianto
PROBOLINGGO – Vaksin Sinovac sebanyak 3000 vial yang sebelumnya diterima Pemerintah Kabupaten Probolinggo dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur pada Senin (25/1/2021) malam mulai didistribusikan untuk kepada seluruh puskesmas se-Kabupaten Probolinggo, Rabu (27/1/2021) pagi.

Secara bergantian masing-masing utusan dari seluruh puskesmas dan rumah sakit yang telah terdata itu mendatangi Gudang Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo yang terletak di Jl Anggrek Nomor 32 Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Pelaksanaan penyerahan vaksin Sinovac tersebut juga bersinergi bersama jajaran TNI/Polri untuk pengamanannya. Turut mendampingi saat itu Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono.

Shodiq menjelaskan mekanisme pendistribusian vaksin tersebut telah mengacu kepada SOP yang bertujuan untuk mempertahankan rantai dingin vaksin sejak awal. Yakni mulai dari tempat penyimpanan kabupaten sampai di tempat pelayanan kesehatan yang menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi.

“Vaksin diambil oleh masing-masing utusan puskesmas dan rumah sakit dengan menggunakan piranti cool box untuk mempertahankan suhu vaksin antara 2-8 derajat celsius. Kemudian di masing-masing puskesmas vaksin ini akan disimpan di refrigerator atau lemari dingin khusus untuk menyimpan vaksin sampai waktu pelaksanaan vaksinasi,” kata Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo ini.

“InsyaAllah hari Jum’at- Sabtu kedepan akan dilaksanakan vaksinasi untuk seluruh nakes, teknis dan mekanismenya seperti yang sudah kami simulasikan sebelumnya,” tambahnya. (dra)