Monday, July 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersip Gelar Kegiatan Mobil Pintar

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersip Gelar Kegiatan Mobil Pintar

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka meningkatkan minat baca dan mencerdaskan masyarakat Kabupaten Probolinggo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan mobil pintar di sisi selatan Alun-alun Kota Kraksaan, Selasa (31/12/2019).

Kegiatan yang dimulai pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB ini dilakukan untuk memberikan kegiatan positif kepada masyarakat, terutama generasi muda dalam menyambut malam tahun baru 2020. Kegiatan ini tambah semarak dengan kehadiran dari komunitas musang.

Mobil pintar sendiri menyediakan sekitar 1000 buku bacaan dan jaringan internet melalui 2 (dua) unit laptop yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menambahkan ilmu pengetahuan dan wawasannya. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa membaca dalam suasana yang menyenangkan karena telah disediakan tempat lesehan untuk membaca bersama keluarga.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Kepala Bidang Perpustakaan Saiful Hidayat mengatakan kegiatan mobil pintar yang dipadukan dengan dolanan dan komunitas musang ini dilakukan untuk menyambut malam tahun baru 2020. Karena dengan berkumpulnya masyarakat maka tentunya akan menamnah pengetahuan dan wawasan.

“Siapa yang gemar membaca maka pengetahuan dan wawasannya akan terus bertambah. Karena dengan membaca maka kita akan menemukan hal-hal baru yang selama ini belum kita dapatkan. Jadi banyak sekali manfaat dari kita sering membaca,” katanya.

Salah satu manfaat membaca jelas Saiful, maka masyarakat akan memiliki jiwa wirausaha supaya ke depan ada peningkatan ekonomi yang pada akhirnya akan mampu mengentaskan angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo. Tentunya hal ini merupakan kegiatan yang positif dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kami berupaya bagaimana dengan adanya mobil pintar ini bisa mengedukasi dan memberikan kegiatan yang positif bagi masyarakat, terutama dalam menyambut malam tahun baru 2020,” tegasnya.

Saiful menambahkan, selain tampil dalam even-even tertentu, mobil pintar dan perpustakaan keliling yang dimiliki oleh Dispersip Kabupaten Probolinggo juga memberikan pelayanan keliling ke sekolah-sekolah, kantor pemerintahan dan fasilitas umum yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. (wan)

cww trust seal