Sunday, May 19, 2024
Depan > Kesehatan > Tim Visitasi Periksa Kelayakan RSUD Tongas Naik ke Kelas C

Tim Visitasi Periksa Kelayakan RSUD Tongas Naik ke Kelas C

Reporter : Mujiono
TONGAS – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di rumah sakit, RSUD Tongas kedatangan tim visitasi untuk melakukan verifikasi tentang kelayakan untuk dinaikkannya kelas D menjadi kelas C, Selasa (27/6/2023) di ruang pertemuan RSUD Tongas.

Kehadiran tim visitasi di RSUD Tongas ini disambut oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko, Direktur RSUD Tongas drg. Wahyuningsih P. bersama para tenaga medis di RSUD Tongas.

Tim visitasi yang memeriksa kelayakan RSUD Tongas terdiri dari Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur drg. Diana Yulias, Ketua PERSI Provinsi Jawa Timur dr. Achmad Khoiruddin Alif dan Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono.

Dengan usulan untuk dinaikannya kelas D menjadi kelas C RSUD Tongas, Tim visitasi akan melakukan pemeriksaan, baik pemeriksaan dari segi kondisi sarana prasarana dan sumber daya manusia, kelengkapan administrasi serta pelayanan yang dilakukan di RSUD Tongas dalam melayani kesehatan kepada masyarakat.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan konsisten mengembangkan dan memajukan pelayanan kesehatan melalui alokasi anggaran untuk meningkatkan dan melengkapi sarana prasarana kesehatan.

“RSUD Tongas pada kenyataannya merupakan salah satu dari dua rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya. Dimana, rumah sakit ini berpotensi untuk menangani masalah kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Probolinggo bagian barat,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, visitasi atau pemeriksaan lapangan yang dilakukan untuk memeriksa kelayakan dan kesesuaian yang telah dijalankan, apakah rumah sakit itu secara layak memenuhi standard dan kriteria untuk kenaikan kelas.

“Dalam kunjungan visitasi ini tujuannya untuk memeriksa kelayakan serta kesesuaian pada RSUD Tongas Kelas D agar dapat menjadi RSUD Kelas C,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono menambahkan, RSUD Tongas ini telah lama menjadi kelas/tipe D. Dengan berubahnya menjadi kelas/tipe C RSUD Tongas ini akan lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sepenuh hati atau ikhlas dari hati.

“RSUD Tongas ini menjadi pilihan pertama di wilayah barat Kabupaten Probolinggo ketika memberikan pertolongan kesehatan pada masyarakat. RSUD ini menjadi fokus utama melayani kesehatan dengan sebaik-baiknya, semakin berkembang dan semakin berkualitas yang ada dalam tujuannya. Buang semua hambatan dan semua kendala yang ada. Oleh karena itu, promosi yang paling jitu pada RSUD Tongas layani kesehatan dengan cepat dan ciptakan masyarakat puas dalam pelayanan kesehatan,” ungkapnya. (y0n)