Monday, December 6, 2021
Depan > Pendidikan > Tim LPMP Jatim Monev Pelaksanaan ANBK

Tim LPMP Jatim Monev Pelaksanaan ANBK

Reporter : Syamsul Akbar
BANYUANYAR – Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Probolinggo sedang mengikuti ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer mulai 15 hingga 18 Nopember 2021. ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Dalam pelaksanaan ANBK hari pertama pada Senin (15/11/2021) pagi, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo mendampingi Tim LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Provinsi Jawa Timur melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke sejumlah lembaga sekolah di Kabupaten Probolinggo.

Tim LPMP Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh Anis Aminudin ini melakukan monev pada 8 (delapan) lembaga sekolah dasar negeri (SDN) dan 4 (empat) lembaga swasta. Salah satunya SDN Banyuanyar Kidul yang dipimpin oleh Sarwo Edy Wibowo.

“ANBK ini merupakan pertama kalinya dan masih dalam tahap uji coba. Oleh karena itu perlu kiranya dukungan, kerjasama dan persiapan yang matang terkait dengan semua perangkat,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar Like Lidyawati.

Menurut Like, monev ini dilakukan dengan harapan agar di daerah dapat berlangsung uji coba pemetaan mutu pendidikan melalui penyelenggaraan ANBK dengan sistem daring. Dari pemantauan tidak ada kendala yang ditemui baik itu dari server maupun dari siswa. Semuanya berjalan lancar mulai dari sesi 1 sampai berlanjut dengan sesi 2. Upaya sekolah sangat maksimal sampai disediakan 2 genset untuk antisipasi manakala ada listrik padam,” tegasnya.

Sementara Anis Aminudin dari Tim LPMP Provinsi Jawa Timur terkagum-kagum melihat upaya maksimal dan kekompakan yang sudah dibangun oleh lembaga SDN Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar ini demi kesuksesan putra putrinya mengikuti ANBK.

Tim LPMP Provinsi Jawa Timur sangat antusias melakukan monev terkait dengan ANBK ini bersama dengan Kasi Kurikulum dan Penilaian SD menemani sampai jam 16.00 ke-12 lembaga sasaran.

“Data yang didapat sangat valid karena didukung dengan lembar instrumen yang diberikan pada masing-masing lembaga sasaran dan pelaksanaan ANBK semuanya berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (wan)