Monday, September 27, 2021
Depan > Kesehatan > Tidak Ada Keluhan Pasca Vaksin, Boleh Langsung Beraktifitas

Tidak Ada Keluhan Pasca Vaksin, Boleh Langsung Beraktifitas

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan sebelum dan sesudah disuntik vaksin Covid-19, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh masyarakat.

“Bila memiliki penyakit komorbid sebaiknya kontrol dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi komorbidnya. Bila tidak memiliki penyakit komorbid, sebaiknya melakukan general check up,” katanya.

Menurut Dewi, jika tidak ada yang mengarah ke Covid-19 atau tidak berstatus kontak erat, tidak perlu memeriksa PCR antigen/antibodi. “Jika mengalami sakit akut atau berstatus kontak erat, sebaiknya vaksinasi ditunda sampai sembuh baru kembali vaksinasi,” jelasnya.

Tidak menambahkan tidak ada makanan khusus untuk orang paska Covid-19, hanya lakukan istirahat yang cukup. Penyintas Covid-19 tetap membutuhkan vaksin karena vaksin untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Bila penyintas tidak mengetahui statusnya dan sudah tervaksin, maka tidak masalah karena dianggap booster yang akan memproduksi antibodi. Apabila tidak ada keluhan, sebaiknya langsung boleh beraktifitas. Setelah divaksinasi kita tidak lantas menjadi sakit atau menularkan,” pungkasnya. (wan)