Depan > Informasi Layak Anak > Puskesmas Tongas Lakukan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah

Puskesmas Tongas Lakukan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Puskesmas Tongas menggelar penjaringan kesehatan anak sekolah di SMP Negeri 1 Tongas, Kamis (25/8/2022). Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan di lingkungan sekolah dan remaja.

Penjaringan kesehatan anak sekolah ini dilakukan pada siswa baru pada kelas 7 sebanyak 152 siswa. Jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Tenaga Kesehatan Puskesmas Tongas diantaranya pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, skrining mata, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, pemeriksaan kulit dan pengukuran tekanan darah.

Dalam kegiatan ini dilakukan penyuluhan tentang pencegahan penyalahgunaan Napza oleh Kapolsek Tongas AKP Suyanto dan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja oleh Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani,

Kapolsek Tongas AKP Suyanto mengungkapkan penyuluhan ini bertujuan supaya remaja mengetahui dampak negatif dari berbagai jenis narkotika di kalangan remaja. Salah satu dampaknya adalah kerusakan otak dan masa depan menjadi suram karena ketagihan zat adiktif. “Saya menghimbau kepada generasi muda untuk mencapai cita-cita setinggi langit,” ungkapnya.

Sementara Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani menekankan tentang pentingnya remaja untuk mengkonsumsi tablet Fe atau tablet tambah darah. Tujuan pemberian tablet Fe untuk menghindari anemia yang menyebabkan letih, lesu dan lunglai sehingga menyebabkan gangguan konsentrasi belajar.

“Yang paling penting yaitu demi kesiapan remaja putri dalam masa kehamilan dan persalinan untuk mencegah kematian ibu dan stunting. Remaja putri diberikan tablet tambah darah untuk dikonsumsi rutin seminggu 1 kali dan setiap hari bagi yang mengalami menstruasi. Harapannya tidak ada remaja putri yang mengalami anemia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Nia menyampaikan upaya untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Sehat jiwa ragaku. Sehat sekolahku. Raih prestasiku,” pungkasnya. (wan)