Monday, May 20, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Semarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemkab Gelar Khitanan Massal

Semarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemkab Gelar Khitanan Massal

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dalam rangka untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengadakan bakti sosial berupa khitanan massal, Rabu, (10/8/2022) pagi di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Bakti sosial tersebut melibatkan beberapa pihak diantaranya, Dinas Kesehatan (Dinkes), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Probolinggo, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Kraksaan.

Sedikitnya 101 anak dari berbagai penjuru wilayah Kabupaten Probolinggo ikut dalam bakti sosial khitanan massal tersebut. Dari jumlah tersebut 91 anak berhasil dikhitan, sementara sisanya 10 anak tidak hadir.

Selain didukung oleh 20 tim khitan Dinas Kesehatan, kegiatan ini juga mendapat supporting dari petugas lain yang kebetulan sedang off dinas, sehingga total meja layanan khitan bertambah menjadi 35 meja dan kegiatan berlangsung lebih cepat.

Koordinator Khitanan Massal Sugianto mengemukakan, ada beberapa teknik khitan yang diaplikasikan kali ini. Selain teknik yang paling umum yakni teknik cotter (laser), kali ini 7 orang perawat diantara 60 orang lainnya merupakan master hypno anastesi.

“Jadi jika ada anak yang terlalu ketakutan sampai histeris, maka teknik khitan hypno kami lakukan. Teknik ini membuat anak lebih merasa tenang dan nyaman saat menjalani proses khitan,” ulas Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo ini.

Sugianto menuturkan kegiatan bakti sosial ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Awalnya pihaknya hanya menarget peserta dari Kecamatan Kraksaan, Krejengan dan Pajarakan, ternyata yang mendaftar juga banyak dari kecamatan lainnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada keluarga besar PPNI dan seluruh pihak pendukung. Semangat ini kata Sugianto selaras dengan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI kali ini yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Sudah 77 tahun kita nikmati kemerdekaan dan hidup lebih baik. Bakti sosial ini merupakan rasa syukur kita dengan berbagi dan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu melalui pelayanan khitan gratis,” pungkasnya. (dra)