Depan > Kesehatan > Semarakkan HKN ke-58, Dinkes Gelar Germas

Semarakkan HKN ke-58, Dinkes Gelar Germas

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Semarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan jajarannya menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Minggu (13/11/2022) pagi, di Alun-alun Kota Kraksaan.

Kegiatan tersebut diawali dengan senam sehat bersama. Kemudian dibukanya berbagai pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Diantaranya berupa tes deteksi dini penyakit tidak menular seperti pemeriksaan tes gula darah, pemeriksaan tensi dan kolesterol serta berbagai layanan konsultasi dengan dokter secara on site.

Kegiatan Germas tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko.

Dalam sambutannya Wabup Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengemukakan tema HKN “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi situasi pandemi.

Oleh karenanya, Wabup Timbul berharap melalui momentum dan semangat HKN tahun ini, masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktifitas dan produktif.

“Melalui Germas kami harap masyarakat dapat meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup sehat dengan cara membiasakan berolahraga. Membiasakan makan sayur dan buah serta melakukan cek kesehatan minimal 6 (enam) bulan sekali,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul mengapresiasi segenap jajaran Dinkes yang selama ini telah memberikan pelayanan kesehatan terbaik dengan sepenuh hati untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Sekali lagi selamat Hari Kesehatan Nasional yang ke-58. Semoga kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diri dan sekitarnya semakin meningkat dan dapat menjadi motivasi untuk selalu hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr Shodiq Tjahjono menjelaskan untuk fasilitas layanan kesehatan gratis kali ini pihaknya melibatkan seluruh jajarannya, baik itu dari rumah sakit swasta, negeri serta Dinkes dan puskesmas.

Shodiq menerangkan saat ini pihaknya juga memberikan beberapa edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan, salah satunya adalah gerakan masyarakat cerdas memilih obat dan kesehatan tradisional untuk masyarakat.

“Dan InsyaAlllah besok hari Rabu (16/11/2022), kami juga akan menggelar bakti sosial di Desa Tambak Ukir Kecamatan Kotaanyar. Sasarannya adalah anak-anak SD untuk kita periksa kesehatan telinga, mata serta gizi dan tumbuh kembang tubuhnya,” pungkasnya.(dra)