Tuesday, October 19, 2021
Depan > Pemerintahan > Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Masuki Penilaian Online Kompetensi

Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Masuki Penilaian Online Kompetensi

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Tahun 2020 memasuki tahapan Penilaian Online Kompetensi/Asessment Test dan Psikometri, Rabu dan Kamis (3-4/6/2020).

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur dan BKD Kabupaten Probolinggo ini dilaksanakan di ruang pertemuan Diklat BKD Kabupaten Probolinggo.

Dalam seleksi ini ada tiga posisi lowongan jabatan yang akan diisi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Yakni, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Jumlah peserta masing-masing 5 orang untuk satu posisi lowongan jabatan. Sehingga total untuk tiga lowongan jabatan pesertanya mencapai 15 orang,” kata Kepala BKD Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Kompetensi Aparatur Handik Hariyanto.

Sehubungan dengan masih dalam situasi mewabahnya pandemi COVID-19, maka penilaian online kompetensi ini dilaksanakan secara online menggunakan media zoom meet untuk media komunikasi (tes non tertulis) dan untuk tes tertulis menggunakan google clasroom dan google doc dengan peserta total 15 orang terbagi menjadi 2 gelombang.

“Untuk gelombang 1 diikuti oleh 8 orang dan gelombang 2 diikuti oleh 7 orang. Pengujinya berasal dari Tim Assesor BKD Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Handik menerangkan untuk tahapan penilaian online kompetensi ini bertujuan untuk melakukan seleksi dan mencari calon pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang kompeten sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan.

“Diharapkan dengan adanya seleksi ini bisa mendapatkan calon Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dan bsa mengembangkan metode seleksi yang lebih baik lagi,” harapnya.

Untuk seleksi, selain assement oleh assesor BKD Provinsi Jawa Timur, akan dilanjutkan dengan penilain makalah dan presentasi makalah oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang terdiri dari Ketua Pansel dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Pansel dalam hal ini Kepala BKD Kabupaten Probolinggo dan 3 orang dari unsur eksternal. (wan)