Friday, September 17, 2021
Depan > Kesehatan > Sekantong Darah, Kado Istimewa Bagi Bupati Probolinggo

Sekantong Darah, Kado Istimewa Bagi Bupati Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai ungkapan rasa syukur atas Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38 Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Hari Donor Darah se-Dunia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berkolaborasi dengan Yayasan HATI Probolinggo, PMI Kabupaten Probolinggo, FKPS (Forum Kabupaten Probolinggo Sehat) dan Bank Jatim Cabang Kraksaan menggelar penggalangan donor darah di aula Bin Hasan Pondok Pesantren HATI Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan, Selasa (25/5/2021).

Kegiatan yang mengambil tema “Donorkan Darahmu, Agar Kehidupan Dunia Terjaga” ini menjadi kado yang sangat istimewa dan spesial berupa sekantong darah bagi Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE yang sedang merayakan HUT ke-38.

Aksi kemanusiaan donor darah ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan suaminya yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si. Kedatangannya disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah, Pimpinan Bank Jatim Cabang Kraksaan Wawan Budi Rachmanto, Ketua PMI Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono, Kepala UTD PMI Kabupaten Probolinggo dr. Adi Nugroho serta Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh 200 orang dengan rincian 150 orang ASN (Aparatur Sipil Negara) dan 50 orang masyarakat. Untuk menghindari terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19, maka kedatangan para calon pendonor ini dibagi dalam 4 (empat) sesi. Sehingga para pendonor tidak datang secara bersamaan di aula Bin Hasan Pondok Pesantren HATI Kraksaan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri dan Hasan Aminuddin juga memberikan bingkisan spesial bagi para pendonor yang telah ikhlas menyumbangkan darahnya bagi sesama yang membutuhkan.

Sebelum melakukan donor darah, para calon pendoroh ini harus melakukan sejumlah screening awal yang dilakukan oleh petugas. Bagi yang dinyatakan memenuhi syarat, maka selanjutnya mereka antri untuk diambil darahnya oleh petugas dari PMI Kabupaten Probolinggo.

“Di hari ulang tahun saya ke-38 tahun ini, sebenarnya proses refleksi diri. Saya menyadari dan semakin menyadari bahwa usia yang dikaruniakan oleh Allah SWT itu pada intinya adalah Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk memberikan sebanyak-banyaknya manfaat kebaikan bagi sesama,” kata Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE.

Dari proses tersebut dan bertepatan dengan stok darah di PMI Kabupaten Probolinggo menipis. Kemudian ada pasien yang sampai kesulitan untuk mendapatkan transfusi darah karena minimnya stok. Kebetulan ada salah satu jenis golongan darah yang memang kosong sehingga waktu itu kemudian berfikir apa yang bisa dilakukan untuk membantu PMI Kabupaten Probolinggo dalam hal ketersediaan stok darah.

“Melalui momentum hari ulang tahun ini, harapannya bisa menggerakkan hati masyarakat. Narasinya sederhana, Bupati tidak menginginkn kado dan tidak menginginkan karangan bunga. Tetapi saya menginginkan dan mengajak masyarakat untuk memberikan kado anti mainstream pada saya berupa satu kantong darah,” tegasnya.

Kemudian Bupati Tantri melalui Yayasan HATI berkolaborasi dengan PMI, Pemkab Probolinggo, FKPS Bank Jatim Cabang Kraksaan untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah. Namun ternyata ini di luar prediksi, karena antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Bahkan panitia bagian pendaftaran sampai menolak karena kapasitas waktu dan SDM yang kurang. Pendaftar ini terpaksa dipending untuk ditake over di waktu berikutnya.

“Ini adalah gerakan yang luar biasa. Saya pikir bukan karena saya, tetapi ternyata masyarakat ini masih banyak yang tergerak hatinya untuk memberikan manfaat dan memberikan pertolongan bagi sesamanya, khususnya bagi para pasien dan keluarga pasien yang hari ini membutuhakn transfusi darah,” tegasnya.

Dari kegiatan ini Bupati Tantri mengaku akan semakin bersemangat untuk mengadakan kegiatan serupa seperti ini secara regular. Mungkin 3 bulan sekali atau 4 bulan sekali atau pada momentum-momentum tertentu yang dibutuhkan PMI.

“Pada intinya kami ingin membantu PMI dan seluruh warga masyarakat, khususnya yang membutuhkan back up dari sektor kesehatan untuk meringankan dan membantu mereka menuju kesembuhan,” terangnya.

Oleh karena itu Bupati Tantri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya pendonor darah yang berkenan mendonorkan darahnya. Kegiatan ini tidak akan mungkin sukses tanpa dukungan semua pihak, termasuk dalam hal ini para pendonor yang telah berpartisipai dalam kegiatan donor darah tersebut.

“Insya Allah ini akan menjadi amal jariyah bagi kita semuanya dan sangat bermanfaat untuk menjaga nyawa dan harapan sesama. Sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semua pihak sehingga kegiatan donor darah ini bisa berjalan dengan sukses,” pungkasnya.

Donor darah ini juga dimeriahkan dengan Challenge Foto merayakan hari spesial Ulang Tahun Bupati Probolinggo dengan mengupload foto (bebas) setelah melakukan donor darah di Pondok Pesantren HATI Kraksaan di feed IG dengan mencantumkan tag ke @tantrianasari @endlessprobolinggo @hibs_kraksaan dan hastag #selamatulangtahunbupatiku #pahlawan kemanusiaan #sedarahsehati #donordarah #donorplasma #hibs #endlessprobolinggo #pmikabprobolinggo #challengefotodonordarah #aksikemanusiaan. Untuk 5 foto terbaik akan mendapatkan hadiah menarik. (wan)