Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Sambut Ibu Negara, Dekranasda Tampilkan Beragam Produk Unggulan

Sambut Ibu Negara, Dekranasda Tampilkan Beragam Produk Unggulan

Reporter : Syamsul Akbar
SURABAYA – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto selaku Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Probolinggo turut menyambut kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia di Surabaya Kriya Gallery (SKG) Siola Surabaya, Kamis (26/10/2023).

Dalam penyambutan Ibu Negara di ruang Pamer Produk Binaan Dekranasda Kota Surabaya tersebut, Dekranasda di seluruh Jawa Timur termasuk Kabupaten Probolinggo diminta untuk menampilkan produk-produk unggulannya, termasuk kerajinan daerahnya masing-masing.

Untuk pameran dalam rangka menyambut kedatangan Ibu Negara ini, Dekranasda Kabupaten Probolinggo menampilkan produk unggulan camilan olahan bawang merah dari Kecamatan Dringu, madu dari Kecamatan Lumbang, mangga serta beberapa kerajinan termasuk batik dan bordir.

Ibu Negara terlihat sangat antusias mengamati produk unggulan Kabupaten Probolinggo dan menyimak penjelasan terkait potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo oleh Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto.

“Alhamdulillah, Ibu Negara beserta jajaran pendamping termasuk Ibu Menteri sangat tertarik dengan produk unggulan Kabupaten Probolinggo,” ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami selaku Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Probolinggo.

Menurut Taufik, Ibu Negara sangat tertarik dengan produk unggulan olahan camilan bawang merah. Dimana bawang merah diolah menjadi suatu produk camilan sangat diminati, termasuk beberapa Ibu Menteri.

“Kebetulan Dekranasda Kabupaten Probolinggo juga menampilkan produk-produk lainnya mulai dari madu, mangga, batik dan bordir. Alhamdulillah Ibu Negara dan Ibu Menteri sangat senang berbelanja di stand produk unggulan Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Taufik menerangkan atensi dari Ibu Negara ini diharapkan bisa menjadi pemicu semangat bagi UMKM, Pemerintah Kabupaten Probolinggo maupun OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang menangani masalah UMKM termasuk DKUPP untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya sesuai dengan renstra DKUPP yaitu IKM naik kelas sesuai dengan visi misi Bupati Probolinggo dalam meningkatkan daya saing.

“Untuk tahun 2024, kami akan bersinergi dengan seluruh OPD dan melibatkan swasta, bagaimana UMKM kita naik kelas. Ini dapat menguatkan ketahanan ekonomi kita nantinya. Kekuatan UMKM ini nanti akan menguatkan ketahanan ekonomi yang ada di Kabupaten Probolinggo sehingga program kita adalah sinergi secara terpadu untuk mengembangkan UMKM di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto memerintahkan kepada DKUPP untuk meningkatkan kualitasnya supaya bisa berdaya saing.

“Harapan saya agar nantinya bisa lanjut ke fokus untuk desain busana. Jadi sudah menjadi busana, misalkan batik yang selama ini banyak produk lembaran maka ini kita tingkatkan juga menjadi busana. Dengan demikian, desainer-desainer busana kita harus memfasilitasi agar muncul desain-desain baru,” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut jelas Rita Erik, pihaknya akan melatih para desainer termasuk penjahit-penjahit di Kabupaten Probolinggo ini mungkin sudah perlu meningkatkan kemampuannya untuk ikut menjadi penggerak kekuatan di bidang tata busana.

“Dari pengalaman kegiatan promosi di Surabaya Kriya Gallery Siola ini, saya memerintahkan agar produk-produk unggulan termasuk batik ini diarahkan ke bahan busana yang siap pakai bukan lagi pada lembaran-lembaran,” pungkasnya. (wan)