Wednesday, October 27, 2021
Depan > Pendidikan > Resepsi HUT ke-60 Hari Pramuka, Kwarcab Pramuka Gelar Probolinggo Scout Awards 2021

Resepsi HUT ke-60 Hari Pramuka, Kwarcab Pramuka Gelar Probolinggo Scout Awards 2021

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka memeriahkan Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Hari Pramuka tahun 2021, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menyelenggarakan Probolinggo Scout Awards 2021, Sabtu (18/9/2021) di Gedung Satria Guna Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Puncak peringatan HUT ke-60 Hari Pramuka ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Kak Hj. Nunung Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Kak H. Soeparwiyono.

Turut hadir pula Inspektur Kabupaten Probolinggo Kak Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Keuangan Daerah Kak Dewi Korina, Kepala Dinas Pendidikan Kak Fathur Rozi, Kepala Dinas Kesehatan Kak dr. Shodiq Tjahjono, Kepala Pelaksana BPBD Kak Rachmad Waluyo, Camat Dringu Kak Ulfiningtyas beserta anggota Forkopimka Dringu.

Dalam kesempatan tersebut Kak Timbul menyematkan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa IX kepada Kak Rasid sebagai Andalan Kwarcab Probolinggo, Lencana Pancawarsa I kepada Kak Ach Heri atas tugas dan tanggung jawab sebagai Pembina Pramuka Kwartir Ranting Gading dan Lencana Pancawarsa I kepada Kak Aprilia Arifiana Catur Karyani atas tugas dan tanggung jawab sebagai Pembina Pramuka Kwartir Ranting Gending.

Selain itu, diserahkan penghargaan berbagai macam lomba yang digelar oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Yakni, Lomba Akun Instagram Tergiat tahun 2021 oleh Kwarran Paiton. Untuk lomba menggambar golongan Pramuka Siaga, juara pertama diraih Dhilan Afthony Kaffin dari Kwartir Ranting Leces, juara kedua diraih Ahmad Mulfi Ubaidillah dari Kwartir Ranting Sukapura dan Nafisha dari Kwartir Ranting Wonomerto.

Untuk lomba menyanyi golongan Pramuka Siaga, juara pertama diraih Syifara Debi Aulia dari Kwartir Ranting Pajarakan, juara kedua diraih Naira Erwin Nasyura dari Kwartir Ranting Gending, juara ketiga diraih Aminatur Rojabiyah dari Kwartir Ranting Bantaran dan juara harapan I diraih Nabila Risky Najwa dari Kwartir Ranting Besuk.

Selanjutnya lomba Pionering 60 tongkat untuk golongan Pramuka Penggalang, juara pertama diraih SMPN 1 Sukapura dari Kwartir Ranting Sukapura, juara kedua diraih SMPN 1 Tiris dari Kwartir Ranting Tiris dan juara ketiga diraih SMPN 1 Maron dari Kwartir Ranting Maron.

Sedangkan lomba yel-yel kreasi untuk golongan Pramuka Penegak, juara pertama diraih SMKN 1 Gending dari Kwartir Ranting Gending, juara kedua diraih SMAN 1 Tiris dari Kwartir Ranting Tiris dan juara ketiga diraih SMA Unggulan Badridduja dari Kwartir Ranting Kraksaan.

Plt Bupati Probolinggo selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan di Kabupaten Probolinggo potensi dan sumber daya manusianya dianggap luar biasa. Perjalanan kepramukaan di Kabupaten Probolinggo telah meraih banyak hasil dan inilah sebuah upaya, ketekunan, keuletan dan jiwa gotong royong kakak-kakak Pramuka.

“Mari kita investasikan dan sedekahkan jiwa dan raga untuk membentuk manusia tangguh di Kabupaten Probolinggo. Pembentukan kepribadian, karakter, jiwa yang tangguh dan jiwa berakhlak bagi anak-anak itu terdapat pada kegiatan kepramukaan. Memberikan pendidikan melalui Gerakan Pramuka ini akan menjawab tantangan dari pengaruh budaya budaya luar,” katanya.

Menurut Kak Timbul, program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) yang sudah dilakukannya adalah bagian dari program Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Ada hal lain dalam melakukan peningkatan IPM.

“Gerakan ini merupakan sebuah tantangan bagi kepramukaan terhadap kepedulian lingkungan untuk kedepannya. Yaitu gerakan menyelamatkan dan memelihara lingkungan maupun sumber mata air di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (y0n)