Friday, May 24, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Remaja Milenial Desa Sapikerep Ikuti Edukasi Kesehatan

Remaja Milenial Desa Sapikerep Ikuti Edukasi Kesehatan

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Edukasi kesehatan bagi remaja milenial sangatlah penting untuk meningkatkan pemahaman dan pendewasaannya. Menyikapi hal tersebut, Pemerintahan Desa Sapikerep bersinergi dengan IHC Rumah Sakit Umum (RSU) Wonolangan memberikan edukasi kesehatan bagi remaja Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura, Kamis (7/4/2022).

Kegiatan yang dilakukan di SDN Sapikerep 1 Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ini ditujukan kepada kaum remaja putra dan putri agar supaya kesehatan remaja selalu terjaga dan mengantisipasi terjadinya pernikahan usia dini. Bahkan dapat terbangun kesadaran untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi serta melindunginya dari tindakan yang berisiko buruk, baik secara fisik maupun mental.

Remaja putra dan putri Desa Sapikerep diberikan bimbingan serta pemahaman tentang edukasi kesehatan oleh dr. Fahrizal dari IHC Rumah Sakit Umum Wonolangan serta pengetahuan atau pemahaman tentang perkembangan teknologi informasi di era digital oleh Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Maraknya pernikahan dini akan menimbulkan permasalahan-permasalahan yang berujung pada perceraian. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan wawasan. Dengan adanya pola pikir yang kurang matang, timbulnya penyakit kanker serviks dan juga menimbulkan resiko cacat bawaan pada bayi.

Terlebih pada era digital melalui perkembangan teknologi informasi yang mudah diakses dan dilihat langsung para anak remaja, mirisnya lagi konten-konten negatif yang membawa dampak buruk hingga memicu perkembangan dan pola pikir anak berbuat yang tidak baik.

Diskominfo Kabupaten Probolinggo yang berwenang untuk mengarahkan anak-anak remaja dalam menggunakan alat komunikasi untuk teknologi informasi pada hal-hal positif dan berkreatif. Begitu juga tentang edukasi kesehatan, berpeluang untuk diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan anak-anak remaja untuk tidak menikah pada usia dini. Terutama mengambil keputusan yang benar bagi kesehatan reproduksi dan seksualnya. Termasuk, menghindari tindakan pelecehan dan kekerasan seksual.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menjelaskan sudah banyak anak-anak remaja yang sukses dan mendapat penghasilan lebih dari konten kreatornya. “Melalui teknologi informasi yang dimanfaatkan ini mengarahkan anak-anak remaja khususnya anak pelajar SLTP dan SLTA yang berpotensi dalam konten-konten kreatif dan juga mendidik di media sosial,” katanya.

Yulius menambahkan dengan perkembangan teknologi yang pesat ini mengarahkan anak-anak remaja kreatif dan mendidik, terlebih yang memiliki media sosial (medsos) haruslah bijak dalam menggunakannya. Bahkan media sosial yang dimilikinya harus menghasilkan yang positif, bermanfaat dan menguntungkan.

“Remaja-remaja Desa Sapikerep ini dinilai berpotensi dan perlu dikembangkan. Siap digerakkan untuk hal-hal yang positif salah satunya memanfaatkan teknologi informasi yang mempunyai nilai ekonomi. Buatlah Desa Sapikerep menjadi kampung yang maju dalam media sosial yaitu Kampung Youtuber,” jelasnya.

Sementara dr. Fahrizal dari IHC Rumah Sakit Umum Wonolangan memaparkan reproduksi sehat dan matang bagi remaja pria berusia 25 hingga 30 tahun. Sedangkan wanita usia reproduksinya 20 hingga 25 tahun.

“Bagi usia 16 tahun belum dikatakan sehat pada organ reproduksinya dan belum cukup siap untuk memelihara hasil pembuahan serta perkembangan janin. Secara mental masih belum cukup matang dan dewasa,” ungkapnya.

Terkait dengan teknologi informasi, aplikasi IHC Telemed telah dibuatnya untuk memudahkan pasien mengakses seluruh layanan kesehatan yang diberikan. “Pelayanan telemedicine merupakan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendiagnosis, mengobati, mencegah, dan/atau mengevaluasi kondisi kesehatan pasien yang dibuktikan dengan surat tanda registrasi (STR),” pungkasnya. (y0n)