Depan > Informasi Layak Anak > Porprov 2022, KONI Berikan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan Bagi Atlit dan Official

Porprov 2022, KONI Berikan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan Bagi Atlit dan Official

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo akan memberikan asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi atlit dan official yang berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022 mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar ketika mendengarkan paparan pelatiha Pengurus Kabupaten (Pengkab) cabang olahraga (cabor) yang akan diproyeksikan untuk Porprov tahun 2022 serta sosialisasi asuransi BPJS Ketenagakerjaan bagi atlit dan official peserta Porprov 2022.

“Atlit dan official cabor yang akan kita kirimkan ke Porprov 2022 kita berikan jaminan asuransi berupa BPJS Ketenagakerjaan. Harapannya atlit bisa fokus dan orang tua tahu bahwa kita mempunyai kepedulian. Paling tidak anak-anak dan official bisa lebih tenang dan konsentrasi untuk pelaksanaan-pelaksanaan program latihan dan pertandingan,” katanya.

Chalid menjelaskan bahwa masalah asuransi bagi atlit dan official ini memang perlu diback up karena KONI menginginkan orang tua, pengkab cabor, atlit, official maupun pelatih itu betul-betul bisa meyakinkan bahwa dirinya sudah tercover dalam asuransi. “Dengan demikian mereka bsa konsentrasi dan fokus untuk berlatih demi mencapai catatan prestasi,” jelasnya.

Terkait dengan cabor yang akan berlaga di Porprov 2022 Chalid menegaskan bahwa hingga saat ini sudah ada 24 cabor yang menyatakan kesiapannya. Meskipun demikian, ada beberapa cabor yang masih akan dikaji mengenai kesiapan dan komitmennya. “Kita akan kaji kembali, apakah memang cabor tersebut tidak mau berpartisipasi di Porprov 2022 atau memang potensinya yang tidak ada,” tegasnya.

Untuk prosedur diikutsertakan atau tidak dalam Porprov 2022 Chalid menegaskan hal tersebut diawali dengan paparan cabor kepada KONI untuk potensi maupun peluang serta targetnya dalam Porprov 2022, termasuk bagaimana mereka mempersiapkan atlitnya untuk bisa tampil optimal di Porprov 2022.

“Disitu KONI bersama Binpres akan mengkaji dan menganalisa mana cabor-cabor yang memang layak untuk diberangkatkan, termasuk nomor-nomor atau cabor-cabor unggulan yang memang memiliki potensi,” ujarnya.

Menurut Chalid, jika melihat papaan pelatih cabor, KONI optimis untuk perolehan medalinya akan jauh melebihi capaian dua tahun yang lalu. Karena dari hasil paparan tersebut, cabor ini sebagian besar sudah on the track dalam menyiapkan atlit sampai dengan indikator prestasi yang diraihnya selama ini. “Termasuk cabor-cabor yang baru dijadikan anggota KONI seperti Binaraga dan fitness yang menyatakan siap untuk menyumbangkan dua medali emas,” tambahnya.

Chalid menambahkan untuk targetnya kalau 10 besar masih berat, tetapi paling tidak ada di papan tengah. Kalau dua tahun lalu berada di posisi 29, tahun ini harapannya ada di papan tengah. Paling tidak sekitar lebih dari 15 besar.

“Dari hasil paparan para pelatih pengkab cabor, kita bersama Binpres akan menganalisa dan mengkaji karena keterbatasan anggaran serta menjadi pertimbangan sehingga yang kita kirim nanti betul-betul memiliki daya saing, memiliki peluang dan memiliki catatan prestasi,” pungkasnya. (wan)