Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Rangkul CTH dan MCC, DKUPP Lakukan Kemitraan UMKM Dengan Para Calon Buyer

Rangkul CTH dan MCC, DKUPP Lakukan Kemitraan UMKM Dengan Para Calon Buyer

Reporter : Syamsul Akbar
MALANG – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo melakukan kemitraan UMKM dengan para calon buyer bekerja sama dengan Citra Tangguh Harapan (CTH) dan Malang Creative Center (MCC) Malang, Senin (4/3/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh 38 UMKM unggulan se-Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Kepala Bidang Usaha Mikro DKUPP Kabupaten Probolinggo Winda Permata Erianti dan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Andrio Himawan Wahyu Aji.

Kemitraan UMKM ini mengundang buyer dari 12 Pusat Oleh-oleh, toko ritel se area Malang Raya meliputi Malang Strudel, Gudang Oleh-oleh, Brawijaya, Buah Tangan, Royal Oleh-oleh, Harum Manis, So Kress Oleh-oleh, Pak Tohir, Rohani, Burung Swari, Central, Cak Mul, Finna Snack dan Lancar Jaya.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami melalui Kepala Bidang Usaha Mikro Winda Permata Erianti mengatakan ini dilatarbelakangi karena kemitraan menjadi strategi yang efektif bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan, kesinambungan usaha, meningkatkan kualitas sumber daya kelompok mitra, peningkatan skala usaha dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan usaha kelompok mitra.

“Hal ini yang mendasari DKUPP Kabupaten Probolinggo memfasilitasi kemitraan UMKM dengan para calon buyer yang bekerja sama dengan Citra Tangguh Harapanb (CTH) dan Malang Creative Center (MCC) Malang,” katanya.

Winda menerangkan kemitraan yang dilaksanakan beriringan dengan semangat dalam rangka meningkatkan perekonomian Masyarakat Kabupaten Probolinggo, khususnya pelaku usaha (UMKM) dalam rangka memperluas jaringan pasar nasional maupun global.

“Kemitraan ini dimaksudkan mengembangkan dan memperluas skala usaha dari semula di satu wilayah diharapkan mampu mencakup skala nasional bahkan global serta untuk menaikkan omzet pelaku usaha yang berdampak baik bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Menurut Winda, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha (UMKM), meningkatkan pengembangan produk dan memperluas jaringan pemasaran produk UMKM.

“Targetnya memberikan fasilitasi dan kesempatan bagi pelaku usaha (UMKM) yang memiliki produk unggulan di Kabupaten Probolinggo untuk mengikuti kemitraan dengan calon buyer dari berbagai macam pusat oleh-oleh, hotel, resto, ritel atau toko modern se-area Malang Raya,” terangnya.

Melalui kemitraan ini Winda mengharapkan nantinya memperluas jaringan pemasaran UMKM Kabupaten Probolinggo dan meningkatnya omzet UMKM Kabupaten Probolinggo yang telah difasilitasi kemitraan dengan para calon buyer dari berbagai macam pusat oleh-oleh, hotel, resto, ritel atau toko modern se area Malang Raya.

“Selain itu terjalin Kerjasama atau MoU antara UMKM dengan calon buyer. Spesifikasi teknis kemitraan UMKM dengan para calon buyer meliputi katalog produk dalam bentuk digital, daftar/list UMKM sebagai penyedia/seller serta daftar harga dan kontrak penyedia/seller,” pungkasnya. (wan)