Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Puslitbangtannak-DPKH Gelar Bimtek Budidaya Ternak Domba, Sapi Potong dan Ayam Kampung

Puslitbangtannak-DPKH Gelar Bimtek Budidaya Ternak Domba, Sapi Potong dan Ayam Kampung

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka menciptakan peternak yang sukses, Pusat Penelitian, Pengembangan Tanaman Pangan dan Peternakan (Puslitbangtannak) Kementerian Pertanian (Kementan) RI selaku mitra Komisi IV DPR RI bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo memberikan bimbingan teknis (bimtek) budidaya ternak domba, sapi potong dan ayam kampung, Jum’at (21/5/2021) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Unit Pelaksana Teknis Dinas Insiminasi Buatan (UPTD – IB) DPKH Kabupaten Probolinggo ini mengundang perwakilan para peternak kambing domba tiap-tiap desa di wilayah Kecamatan Dringu. Selain itu, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kecamatan Leces dan Wonomerto.

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si didampingi Kepala Puslitbangtannak drh. Agus Susanto dan Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi. Narasumber fokus memberikan bimbingan teknik berternak kambing domba dan sapi potong yang baik di tiap-tiap desa se-Kecamatan Dringu.

Ini merupakan sebuah peluang yang baik bagi para peternak sebagai kunci sukses populasi ternak sekaligus lebih meningkatkan produktivitas ternak yang berkualitas. Dengan hasil ternak yang lebih berkembang dan berkualitas tentunya akan mempengaruhi kondisi usaha serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menjelaskan tupoksi Komisi IV DPR RI memiliki kewenangan untuk membuat Undang-undanh (UU), menyusun APBN dan berlanjut melakukan pengawasan. Puslitbangtannak sebagai mitra kerja Komisi IV DPR RI berkesempatan melakukan aksinya ke ekternal.

“Saya sebagai wakil rakyat, melalui bimbingan teknis budidaya ternak bekerjasama dengan Puslitbangtannak berupaya ingin melahirkan enterpreneur-enterpreneur muda yang handal dengan SDM yang berkualitas dalam mengelola dan mengembangkan produktivitas ternaknya,” katanya.

Sementara Kepala Puslitbangtannak drh. Agus Susanto menyatakan dengan dilaksanakannya bimbingan teknik budidaya ternak nantinya tidak berhenti sampai dini, para peternak di Kabupaten Probolinggo mampu menerapkan pengetahuan-pengetahuan bimbingan teknis budidaya ternak yang outputnya memiliki produktivitas ternak yang berkembang dan berkualitas. “Puslitbangtannak akan mengawal terus hasil peternakan khususnya di Kabupaten Probolinggo hingga menjadi peternak yang sukses,” ujarnya.

Sedangkan Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi menyampaikan kegiatan ini sebagai poin penting untuk menambah pengetahuan khususnya meningkatkan SDM para peternak maupun para petugas dalam hal budidaya ternak sapi, domba dan ayam di Kabupaten Probolinggo. “Hasil sinergitas dalam program bimbingan teknis dapat mencetak para peternak yang cerdas menghadapi pasar global yang menentukan hasil produktivitasnya,” katanya. (y0n)