Depan > Informasi Layak Anak > Puskesmas Tongas Gelar Germas Goes To School Rematri Minum Fe

Puskesmas Tongas Gelar Germas Goes To School Rematri Minum Fe

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Puskesmas Tongas menggelar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) goes to school remaja putri (rematri) minum tablet Fe secara rutin, Rabu (15/6/2022) di SMAN 1 Tongas.

Germas goes to school ini dilakukan dalam bentuk apel bersama remaja putri minum tablet Fe ini mengambil tema “Remaja Putri Sehat dan Cerdas, Menuju Indonesia Kuat”. Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan tablet Fe secara simbolis dari Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani kepada Kepala SMAN 1 Tongas Bowo Nurlamat.

Kepala SMAN 1 Tongas Bowo Nurlamat mengatakan remaja putri memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena anemia yaitu kurang sel darah merah. Risiko tersebut dikarenakan remaja putri mengalami menstruasi dengan mengeluarkan banyak darah.

“Remaja putri juga merupakan calon ibu di masa depan sehingga mempersiapkan generasi emas bangsa berawal dari mempersiapkan kesehatan remaja putri kita, remaja putri yang bebas anemia,” katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani mengungkapkan remaja putri berisiko terkena anemia tidak hanya karena menstruasi, tetapi juga karena remaja putri memiliki banyak aktifitas serta kecenderungan untuk diet sehingga kebutuhan gizi pembentuk sel darah merah menjadi terganggu.

“Manfaat sel darah merah sendiri yaitu mengantarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Tentunya mencegah anemia menjadi penting untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi organ dan pertumbuhan. Gejala anemia yang sering dialami yaitu 5L meliputi lelah, letih, lesu, lunglai dan lemas. Hal ini tentunya mengganggu konsentrasi belajar,” katanya.

Nia menjelaskan anemia ini sangat berbahaya pada ibu hamil karena dapat mengakibatkan kefatalan kematian ibu dan lebih berisiko untuk melahirkan anak stunting atau anak yang terhambat pertumbuhannya, termasuk kecerdasannya akibat kurang gizi dalam jangan waktu yang lama sejak dalam kandungan.

Lebih lanjut Nia mengajak remaja putri untuk rajin minum tablet tambah darah seminggu sekali dan apabila menstruasi minum tablet Fe setiap hari. Waktu yang tepat untuk minum tablet Fe adalah sebelum tidur di malam hari. Tetapi waktu minum tablet Fe ini tidak boleh dibarengi dengan minuman kopi, teh atau coklat yang dapat menghambat penyerapan zat besi.

“Saya mengajak remaja putra untuk peduli terhadap pentingnya minum tablet Fe bagi remaja putri. Karena dengan begitu mereka juga peduli terhadap masa depan bangsa dan generasi bangsa selanjutnya,” tegasnya.

Nia mengharapkan sinergitas menyehatkan remaja juga semakin kuat terjalin dengan institusi lainnya mulai dari SD, SMP dan sederajat hingga pondok pesantren melalui gerakan rajin minum tablet Fe ditambah dengan gerakan hidup sehat lainnya.

“Dengan menyehatkan remaja, kita juga turut mencegah kematian ibu dan bayi serta mencegah stunting. Remaja putri rajin minum tablet Fe, remaja putri sehat cerdas, generasi bangsa kuat semakin sehat semakin cerdas,” pungkasnya.

Kegiatan ini ditutup dengan remaja putri berbaris berhadapan siap meminum tablet Fe dengan air putih yang diberikan oleh remaja putra sebagai bentuk kepedulian mereka. Di akhir acara disampaikan sosialisasi gema cermat oleh petugas Puskesmas Tongas. (wan)