Saturday, September 18, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Petani dan Penyuluh Dilatih Pembuatan Aneka Olahan Kedelai

Puluhan Petani dan Penyuluh Dilatih Pembuatan Aneka Olahan Kedelai

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 60 orang petani dan penyuluh di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan pembuatan aneka olahan kedelai di Aula Bin Hasan Pondok Pesantren HATI di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/2/2021).

Kegiatan ini digelar oleh Komisi IV DPR RI bersama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

Pelatihan pembuatan aneka olahan kedelai ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si yang ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis didampingi oleh Koordinator Bidang Program dan Evaluasi BBPP Ketindan Astuti Ningsih.

Pembukaan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo Taufik Alami, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo, Camat Kraksaan Ponirin, Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto dan Danramil Kraksaan Kapten. Inf. Matali.

Koordinator Bidang Program dan Evaluasi BBPP Ketindan Astuti Ningsih mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mewujudkan agar nantinya petani dan penyuluh menjadi wirausahawan dan entrepreneur yang kreatif dan inovatif yang akan membawa nama baik Kabupaten Probolinggo di tingkat nasional.

“Dalam masa pandemi Covid-19 ini pertanian tidak boleh berhenti, tetapi harus lebih maju dan modern. Diharapkan setelah menyelesaikan pelatihan ini betul-betul memahami apa yang disampaikan oleh praktisi. Sehingga bisa mengembangkan usaha agar bisa dijual untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengatakan bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh berupa pelatihan pembuatan aneka olahan kedelai ini merupakan rangkaian reses masa persidangan 2 tahun 2021 Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Topiknya menarik berupa olahan kedelai untuk menjadi makanan. Di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini bagaimana saya selaku wakil rakyat hadir untuk mencetak para petani ini kreatif. Kreatif dalam hal selain jiwa bercocok tanam juga mampu mengolah hasil cocok tanamnya,” katanya.

Menurut Hasa, penyuluh yang dihadirkan ini nantinya tidak berhenti hanya peserta yang hari ini belajar melakukan latihan kajian langsung terhadap bahan olahan kedelai, namun nanti penyuluh ini akan hadir ke desa-desa menularkan ilmunya. “Dengan demikian, tidak ada keluarga petani nanti itu yang menganggur, ayahnya bercocok tanam dan ibunya bagaimana mengolah hasil cocok tanamnya,” pungkasnya. (wan)