Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Pasang Sapi Bakal Ramaikan Lomba Kerapan Sapi Piala Bupati Probolinggo

Puluhan Pasang Sapi Bakal Ramaikan Lomba Kerapan Sapi Piala Bupati Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
BANTARAN – Sebanyak 96 pasang sapi bakal meramaikan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 di Lapangan Desa Tempuran Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo pada Sabtu dan Minggu (24-25/9/2022) mendatang.

Lomba yang digelar oleh Paguyuban Kerapan Sapi Kabupaten Probolinggo ini dibagi dalam 2 kategori meliputi kategori besar dan kategori kecil. Untuk kategori besar diikuti 48 pasang sapi dan kategori kecil diikuti 48 pasang sapi. Total lomba ini diramaikan oleh 192 ekor sapi. Mereka berasal dari Madura, Probolinggo, Jember dan Lumajang.

Kamis (22/9/2022), Paguyuban Kerapan Sapi Kabupaten Probolinggo menggelar Technical Meeting (TM) di Balai Desa Tempuran Kecamatan Bantaran. TM yang diikuti oleh perwakilan peserta ini dihadiri oleh Camat Bantaran Saniwar dan jajaran Forkopimka Bantaran serta Paguyuban Kerapan Sapi Kabupaten Probolinggo.

Dalam lomba kerapan sapi yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 45 juta ini, panitia juga menggelar lomba foto kerapan sapi. Total hadiah yang disediakan untuk lomba foto ini sebesar Rp 5,5 juta.

Ketua panitia Imam Syafi’i mengatakan lomba kerapan sapi Piala Bupati Probolinggo tahun 2022 ini dilakukan dalam rangka untuk melestarikan budaya kerapan sapi. “Meski bukan budaya asli Probolinggo dan budaya asli Madura, tetapi orang Probolinggo adalah pendalungan Jawa Madura. Jadi reuni budaya tradisionalnya,” katanya.

Menurut Imam, panitia memang membatasi untuk jumlah pesertanya. Sebab jika tidak dibatasi maka akan lebih dari 96 pasang sapi besar dan kecil. Kemungkinan juga tidak akan selesai 2 hari jika tidak dibatasi pesertanya.

“Lomba kerapan sapi ini merupakan sebuah bukti bahwa wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Kabupaten Probolinggo telah berakhir. Wabah PMK sudah bisa diatasi dengan baik oleh Satgas PMK Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Imam berharap agar lomba kerapan sapi tahun depan bisa terbackup oleh APBD Kabupaten Probolinggo. Tahun ini masih belum, namun ada kerja sama dengan semua OPD terkait serta dukungan dan support dari sponsor dan donator.

“Kami mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong datang dan menyaksikan kemeriahan lomba kerapan sapi di Lapangan Desa Tempuran Kecamatan Bantaran serta berpartisipasi memanfaatkan gudgetnya dalam lomba foto kerapan sapi,” pungkasnya. (wan)