Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Ribuan Warga NU Semarakkan Kirab Panji NU dan Jalan Sehat Bareng Kiai

Ribuan Warga NU Semarakkan Kirab Panji NU dan Jalan Sehat Bareng Kiai

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) turut serta menyemarakkan kirab panji NU dan jalan sehat bareng kiai yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan dalam rangka Satu Abad NU di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (18/2/2023) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan, anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo serta Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Hadir pula, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar, Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan KH Wasik Hannan, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil serta para pimpinan pondok pesantren, para kiai, alim ulama dan tokoh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Kirab Panji NU dan Jalan Sehat Bareng Kiai ini ditandai dengan pelepasan balon udara dan burung merpati oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan serta anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Usai dilepas, ribuan peserta ini keluar dari Alun-alun Kota Kraksaan di sisi barat. Kemudian belok ke timur melewati Jl Panglima Sudirman dan belok di pertigaan Kampung Arab. Selanjutnya ke barat Masjid An-Nur melewati Klinik Gayaza dan Rutan Kraksaan. Serta kembali finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Ahmad Muzammil menyampaikan selain untuk semakin mempererat tali siturahim, kirab panji NU dan jalan sehat bareng kiai ini bertujuan untuk memupuk kekompakan dan kebersamaan diantara warga NU.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk menciptakan jiwa yang sehat. Sebab didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan raga berpengaruh besar dalam jiwa seseorang. Individu yang sehat akan lebih bersemangat menghadapi kegiatan-kegiatan keseharian dibanding seseorang yang kurang sehat,” ungkapnya.

Sementara Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan mengungkapkan perjalanan satu abad NU ini tidak datang secara tiba-tiba. Hal ini butuh perjuangan yang panjang selama ratusan tahun.

“Indonesia itu tidak akan merdeka tanpa ada peran dari para kiai NU. Oleh karena itu, Indonesia itu bapak kandungnya adalah NU. Hingga saat ini sudah perjalanan satu abad NU. Abad kedua tidak boleh tidak menuju kebangkitan NU,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihajoko menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan di Kabupaten Probolinggo.

“Semoga kehadiran Bapak Menteri Perdagangan menjadi penyemangat dan motivasi bagi kita semua untuk semakin memantapkan sinergi dan kolaborasi dalam membangun Kabupaten Probolinggo, khususnya di sektor perdagangan,” katanya.

Wabup Timbul memberikan apresiasi kepada PCNU Kota Kraksaan yang menggelar kegiatan kirab panji NU dan jalan sehat bersama kiai dalam rangka memperingati hari lahir ke-100 Nahdlatul Ulama (NU). “Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk semakin mempererat kerukunan antar sesama warga nahdliyin khususnya dan umat beragama di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Menurut Wabup Timbul, jalan sehat bersama kiai ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus syiar agama Islam yang tentu sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. “Dengan kegiatan jalan sehat bersama kiai ini saya berharap kita tetap bisa menjaga kebugaran jasmani dengan tidak meninggalkan identitas diri warga NU yang religius, selalu ta’at dan patuh pada para kiai dan para guru yang telah membimbing kita dengan ilmu yang manfaat dan barokah,” pungkasnya. (wan)