Monday, April 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Komunitas Prospet Bersepeda Sambil Bersedekah dan Bersilaturahmi

Komunitas Prospet Bersepeda Sambil Bersedekah dan Bersilaturahmi

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Istiqomah, segenap pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang tergabung dalam komunitas “Probolinggo Sepeda Lepet” (Prospet) melaksanakan gowes bersama komunitas sepeda lainnya, Sabtu (25/7/2020) pagi.

Gowes yang acapkali mengambil rute lintas pedesaan kali ini diikuti juga oleh Drs H Hasan Aminuddin M.Si yang juga menggemari olahraga bersepeda. Kesempatan itu juga dimanfaatkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini untuk bersilaturahmi serta menyantuni para yatim piatu dan para dhuafa pada beberapa desa yang dilewati.

Gowes kali ini mencapai jarak kurang lebih 30 kilometer dengan melintasi sedikitnya 10 desa pada wilayah Kecamatan Kraksaan dan Krejengan. Diantaranya yakni Desa Rangkang, Gebangan, Kedungcaluk, Sumberkatimoho, Karangren, Krejengan, Tanjungsari, Kamalkuning, Jatiurip, Sentong dan Kelurahan Sidomukti.

Hasan Aminuddin mengatakan selain bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh, gerakan memasyarakatkan olahraga bersepeda ini juga memiliki misi untuk menggeser maraknya tren trek-trekan liar, terutama pada kalangan pelajar.

“Jadikan olahraga ini juga bernilai ibadah, oleh sebab itu mari kita niatkan bersama bahwa kegiatan ini juga untuk kemaslahatan masyarakat. Hari ini kami memberikan contoh selain bersepeda, kami juga bersedekah dan bersilaturahmi,” ungkap suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini saat memberikan sambutan pada salah satu lokasi istirahat di Desa Rawan Kecamatan Krejengan.

Selanjutnya Hasan Aminuddin juga berpesan, seiring dengan memasyarakatnya tren olahraga bersepeda di tengah pandemi COVID-19 ini agar juga diimbangi dengan upaya kehati-hatian. Mengingat tidak sedikit kasus kecelakaan yang mengakibatkan tewasnya penghobi olahraga sepeda.

“Kami berharap agar para penghobi olahraga bersepeda ini untuk lebih berhati-hati dan arif dalam menggunakan jalur umum. Mari kita saling menghormati sesama pengguna jalan. Hal ini sebagai ikhtiar agar kita senantiasa terhindar dari kecelakaan serta tidak ada stigma negatif lagi terkait maraknya olahraga bersepeda ini,” tandasnya. (dra)

cww trust seal