Depan > Informasi Layak Anak > PRSI Berikan Tali Asih Bagi Dua Atlit Renang Peraih Medali Kejurda Jatim

PRSI Berikan Tali Asih Bagi Dua Atlit Renang Peraih Medali Kejurda Jatim

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Probolinggo memberikan tali asih kepada dua atlit renang Kabupaten Probolinggo yang berhasil meraih medali dalam kejuaraan daerah (kejurda) renang Jawa Timur.

Kejurda renang Jawa Timur sendiri dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 5 hingga 7 Maret 2022 lalu. “Dalam kejurda ini ada dua atlit kami yang berhasil meraih medali yakni Al Mira Balqis dan Jihan Chalista,” kata Ketua Pengkab PRSI Probolinggo A’at Kardono.

Menurut A’at, Al Mira Balqis meraih 2 emas, 5 perak dan 3 perunggu. Dimana medali emas diraih dalam kategori gaya dada 100M dan gaya dada 50M. Selanjutnya medali perah diraih dalam kategori gaya bebas 100M, gaya kupu-kupu 50M, gaya kupu-kupu 100M, gaya punggung 100M dan gaya punggung 200M. Serta medali perunggu diraih dalam kategori gaya bebas 50M, gaya punggung 50M dan gaya dada 50M. “Atas prestasi tersebut, Al Mira Balqis dinobatkan menjadi atlit putri terbaik ke-2 untuk kelompok umur (KU) 3,” jelasnya.

Sementara Jihan Chalista berhasil meraih 1 perak dan 2 perunggu. Dimana medali perak diraih dalam kategori gaya dada 50 M serta medali perunggu diraih dalam kategori gaya kupu-kupu 50M dan gaya kupu-kupu 100M.

“Pemberian tali asih ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi agar atlit renang Kabupaten Probolinggo lebih bersemangat menggapai event berikutnya serta menjadi motivasi bagi atlit lain agar semangat berlatih,” terangnya.

A’at menerangkan prestasi yang diraih oleh tim putri renang Kabupaten Probolinggo dalam kejurda ini merupakan sebuah sejarah. Sebab selama keberadaan PRSI di Kabupaten Probolinggo, ini pertama kalinya tim renang putri bisa meraih medali.

“Semoga pemberian tali asih ini menjadi motivasi buat atlit pemula lain agar mau berlatih sehingga bisa meraih banyak medali dan mempersembahkan prestasi untuk Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Lebih lanjut A’at mengharapkan pemberian tali asih ini bisa menjadi pelecut semangat bagi atlit yang nantinya akan tampil pada Porprov Jatim 2022 di Jember akhir bulan Juni mendatang.

“Selama ini kami tidak tinggal diam untuk memberikan semacam pembinaan baik teknis maupun non teknis agar mereka atlit renang Kabupaten Probolinggo mempunyai semangat untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

A’at menambahkan bahwa target utama ke depan adalah Porprov 2022. Dari hasil evaluasi dalam kejurda Jatim, pihaknya tidak memasang target muluk-muluk dan hanya bisa meraih medali perunggu saja. Ternyata atlitnya sangat semangat, tidak hanya bisa meraih perunggu saja tetapi juga perak dan emas.

“Oleh karena itu dalam Porprov nanti target kami tetap sama medali perunggu. Tetapi perunggu saja bagi kami itu sangat luar biasa selama ada PRSI di Kabupaten Probolinggo. Bisa jadi akan mencetak sejarah baru karena saingannya luar biasa seperti Surabaya, Sidoarjo dan Gresik yang sering berprestasi. Jika bisa meraih satu saja medali itu sudah luar biasa,” pungkasnya. (wan)