Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Plt Bupati Timbul Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter 19

Plt Bupati Timbul Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter 19

Reporter : Mujiono
GENDING – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul menyambut kedatangan jamaah haji Kabupaten Probolinggo di obyek wisata religius Miniatur Ka’bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Jum’at (29/7/2022) sekitar pukul 18.00 WIB.

Sebanyak 422 orang yang tergabung dalam kloter 19 ini datang dengan menggunakan kendaraan 9 (sembilan) bus dinyatakan sehat dan selamat tiba di Miniatur Ka’bah Kabupaten Probolinggo. Sebelumnya, jamaah haji Kabupaten Probolinggo kloter 19 ini tiba di bandara Juanda Surabaya pada pukul 10.30 WIB. Dilanjutkan dengan swab antigen bagi seluruh jamaah haji kloter 19 di Asrama Haji Sukolilo dan telah dinyatakan negatif hasilnya.

Dari 422 orang jamaah haji Kabupaten Probolinggo sesuai jadwal pemulangan yang ditambah dengan jamaah haji dari Kabupaten Mojokerto sebanyak 20 orang. Jadi jumlah keseluruhan jamaah haji plus dengan petugas adalah sebanyak 449 orang mulai berangkat dan pulangnya jamaah haji terhitung lengkap.

Terdapat satu orang jamaah haji Kabupaten Probolinggo yang dipulangkan lebih awal diikutkan ke kloter 10. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil rekomendasi dari tim kesehatan bahwasannya satu orang jamaah tersebut menderita penyakit diabetes dan tim dari Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo segera mengantarkan ke rumahnya. Lebih lanjut untuk dilakukan penanganan kesehatan secara intensif dirumah sakit.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo H. Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan setelah melakukan koordinasi dengan tim kloter 19. “Tim kloter pendamping mendapatkan apresiasi dari maktab atas kinerjanya yang luar biasa dalam hal kekompakan, kebersamaan dan saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga jamaah merasa senang, nyaman dan bahagia,” ujarnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan akan dilakukan evaluasi kedepannya demi kenyamanan bagi jamaah haji dan penjemput. “Masukan-masukan dari para penjemput akan kami terima dan dilanjutkan dengan evaluasi agar supaya pelayanan haji dan fasilitas umum menjadi lebih baik,” katanya.

Yang lebih menggembirakan lagi jelas Plt Bupati Timbul, jamaah haji kloter 19 Kabupaten Probolinggo menjalankan ibadah haji dengan baik di tanah suci Mekah dan kembali di Kabupaten Probolinggo dalam keadaan sehat dan tidak ada kendala. “Yang terpenting adalah penyempurnaan pelayanan haji itu merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk menjadi yang lebih baik,” pungkasnya. (y0n)