Depan > Kemasyarakatan > Plt Bupati Timbul Resmikan Pura Giri Kayangan Jagat

Plt Bupati Timbul Resmikan Pura Giri Kayangan Jagat

Reporter : Mujiono
SUMBER – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menghadiri upacara Melaspas Mapedagingan dan Ngenteg Linggih Pura Giri Kayangan Jagat sekaligus meresmikan Pura Giri Kayangan Jagat di Dusun Talunongko Desa Ledokombo Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo, Selasa (15/2/2022) siang.

Peresmian Pura Giri Kayangan Jagat ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko disaksikan oleh Pandhita, Romo Dukun dan Umat Sedharma yang hadir pada upacara Melaspas Mapedagingan dan Ngenteg Linggih Pura Giri Kayangan Jagat dengan situasi hujan gerimis.

Sebelumnya, Plt Bupati Timbul didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono beserta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, anggota DPRD Kabupaten Bangli Provinsi Bali, Manggala Karya Bakti dari Bali maupun Jawa, PHDI Kabupaten Probolinggo, PHDI Kecamatan Sumber serta PHDI Desa se-Kecamatan Sumber disambut dengan Tari Cambyong persembahan PA Saraswati Giri Kencono dari Desa Pandansari Kecamatan Sumber.

Selain itu ada Tari Baris Gede juga persembahan dari PA Saraswati Giri Kencono Desa Pandansari yang menggambarkan Widyadara (pengawal) yang mengiringi para dewa atau menyambut kedatangan para dewa turut memeriahkan dan menghibur para tamu undangan yang hadir pada upacara Melaspas Mapedagingan dan Ngenteg Linggih Pura Giri Kayangan Jagat.

Pura adalah tempat suci dalam melaksanakan persembahan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa. Selain sebagai tempat ibadah, fungsi dan peran pura sebagai tempat pendidikan moral dan tempat mewujudkan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Tentunya pura sebagai sarana penyampaian dan penyebarluasan belas asih dan kebajikan tanpa membeda-bedakan suku dan agama.

Plt Bupati Probolinggo Drs. Timbul Prihanjoko menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada umat Hindu khususnya yang berada di Desa Ledokombo dan sekitarnya atas terselenggaranya upacara Melaspas Mapedagingan dan Ngenteg Linggih Pura Giri Kayangan Jagat.

“Jaga toleransi dan kerukunan umat beragama, persatuan dan kesatuan, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. Mari wujudkan memperkuat sinergitas dan rasa persaudaraan antar umat beragama dalam rangka membangun Kabupaten Probolinggo yang damai dan sejahtera,” katanya. (y0n)