Depan > Kemasyarakatan > Plt Bupati Timbul Lepas Keberangkatan Kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo

Plt Bupati Timbul Lepas Keberangkatan Kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko melepas keberangkatan kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kabupaten Probolinggo di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin (20/6/2022).

Pemberangkatan kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo ini dilakukan dalam rangka mengikuti Porprov VII Jawa Timur Tahun 2022 yang dilaksanakan di Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Probolinggo, pimpinan BUMN/BUMD/perusahaan dan swasta, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko bersama segenap pengurus serta perwakilan pengkab cabang olahraga (cabor) se-Kabupaten Probolinggo.

Pemberangkatan kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan penyerahan bendera KONI oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan asuransi BPJS Ketenagakerjaan kepada atlit dan official kontingen oleh perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Probolinggo kepada Plt Bupati Timbul. Selanjutnya diserahkan kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk atlit dan official secara simbolis. Serta penyerahan 1500 obat-obatan dan vitamin dari DPD PPNI Kabupaten Probolinggo.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko menyampaikan untuk Porprov VII Jawa Timur ini, KONI Kabupaten Probolinggo mengirimkan 300 orang kontingen dari 27 cabor. Terdiri dari 142 orang atlit putra, 94 orang atlit putri dan 64 orang official.

“Target kita dari peringkat 29 pada Porprov sebelumnya, kita ingin berada di papan tengah, paling tidak peringkat 15. Syukur-syukur bisa 10 besar. Memang banyak potensi, seperti arung jeram. Sayangnya hanya eksebisi, jadi tidak bisa masuk dalam perolehan medali,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan untuk Porprov ini, pihaknya memang melakukan seleksi betul siapa atlit yang benar-benar memenuhi syarat untuk dimajukan dalam Porprov VII Jawa Timur. Sebelum berangkat pihaknya melakukan pengukuran VO2Max yang tujuannya untuk mengukur kemampuan dan kapasitas atlit untuk bertahap dalam berlaga. “Untuk pertama kalinya, kita sudah memberikan asuransi BPJS Ketenagakerjaan kepada 300 kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Untuk memberikan motivasi kepada atlit terang Sugeng, pihaknya sudah menyiapkan bonus bagi peraih medali emas sebesar Rp 20 juta, perak sebesar Rp 10 juta dan perunggu sebesar Rp 5 juta. “Untuk membangun olahraga di Kabupaten Probolinggo, semua harus bersatu padu,” tegasnya.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan pemberangkatan kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo ini merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka mewujudkan kontribusi nyata terhadap upaya pembinaan sistem keolahragaan nasional.

“Kegiatan ini memberikan ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada generasi muda yang memiliki bakat dan potensi di bidang olahraga untuk berperan serta dalam menggali dan mengembangkan potensi olahraga prestasi di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Melalui multi event Porprov Jawa Timur tahun 2022 yang diselenggarakan secara rutin setiap 2 (dua) tahun ini, Plt Bupati Timbul mengharapkan kepada semua atlet dan official kontingen Porprov Kabupaten Probolinggo untuk terus meningkatkan semangat juang pantang menyerah untuk meraih prestasi terbaik dan memberi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Terus kobarkan semangat juang pantang menyerah untuk mencapai prestasi terbaik. Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi, loyalitas atlet dan official untuk mencapai prestasi terbaik pada Porprov Jawa Timur tahun 2022,” tegasnya.

Melalui forum ini Plt Bupati Timbul mengajak semua pengurus cabang olahraga, elemen masyarakat, perusahaan baik BUMN, BUMD maupun swasta bersama pemerintah daerah membuat rencana strategis yang harus dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan untuk peningkatan program pengembangan dan pembinaan olahraga masyarakat, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi secara terintegrasi, khususnya menyangkut aspek peningkatan sarana dan prasana keolahragaan di Kabupaten Probolinggo.

“Tak kalah pentingnya, peningkatan sumber daya manusia khususnya di bidang keolahragaan di Kabupaten Probolinggo karena sampai saat ini kita merasakan adanya keterbatasan sumberdaya pelatih, wasit dan juri yang mempunyai klasifikasi nasional,” pungkasnya. (wan)