Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Plt. Bupati Timbul Lepas Etno Carnaval Maron Raya Bangkit

Plt. Bupati Timbul Lepas Etno Carnaval Maron Raya Bangkit

Reporter : Hendra Trisianto
MARON – Plt. Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko membuka sekaligus melepas rombongan even Etno Carnaval Maron Raya Bangkit dari depan GOR Wijaya, Maron, Kamis (24/8/2023) siang.

Kegiatan karnaval tahunan yang diselenggarakan panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Maron ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Jumlah peserta karnaval kali ini cukup membeludak, yakni diikuti oleh 38 regu yang berasal dari 18 desa se-Kecamatan Maron, Koordinator Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Maron, PPK setempat dan jajaran samping Kecamatan Maron.

Sesuai dengan namanya even Etno Carnaval Maron kali ini selain menampilkan berbagai jenis karakter fashion carnaval. Mulai dari busana adat dan budaya lokal sampai busana fantasi yang identitas dengan warna dan pernak pernik menarik yang biasa ditampilkan pada even-even serupa.

Beberapa regu juga terlihat mengeksplorasi kekayaan budaya dan alam melalui kendaraan hias dan kostum. Tidak hanya kekayaan bumi Maron Raya namun juga diwarnai keanekaragaman budaya Kabupaten Probolinggo seperti miniatur Candi Jabung.

Plt. Bupati Timbul yang saat itu didampingi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Sugeng Wiyanto dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya Etno Carnaval di Kecamatan Maron.

Menurut Plt. Bupati Timbul kegiatan ini dapat mewadahi dan mengekspresikan segala bentuk karya seni dan kreativitas masyarakat Maron raya yang tak kalah menariknya dari daerah lain.

“Maka tak heran jika karnaval ini juga dinikmati oleh masyarakat dari luar Maron, bahkan sampai dari Probolinggo Kota. Artinya even ini bukan hanya even kaleng-kaleng,” ucapnya bangga.

Selanjutnya Plt. Bupati Timbul mengatakan pihaknya juga sudah bersepakat dengan panitia penyelenggara dan Pemkab Probolinggo agar kedepannya Etno Carnaval Maron ini akan masuk di kalender tahunan Kabupaten Probolinggo.

“Saya lihat begitu luar biasa animo penontonnya. Ini tentunya juga dapat memutar perekomian masyarakat semua. Terima kasih semua atas partispasinya. Selamat bergembira semua,” tandasnya. (dra)