Depan > Pemerintahan > Plt Bupati Timbul-Forkopimda Vidcon Bersama Kemendagri Pelaksanaan Pilkades Serentak

Plt Bupati Timbul-Forkopimda Vidcon Bersama Kemendagri Pelaksanaan Pilkades Serentak

Reporter : Mujiono
DRINGU – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bersama anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo memantau Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13 Pilkades Serentak di Perumahan Pondok Pabean Indah Desa Pabean Kecamatan Dringu, Kamis (17/2/2022).

Selain itu, Plt Bupati Timbul dan Forkopimda mengikuti video converence (Vidcon) dengan Ratna Andriani, selaku Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintahan Desa Direktorat Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa (PAPD) Ditjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait tentang kesiapan pelaksanaan Pilkades serentak.

TPS 13 sendiri sebagai salah satu jujukan dan TPS percontohan dari TPS sekitarnya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 varian Omicron. Baik kepanitiaan TPS maupun masyarakat yang melakukan hak pilihnya disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Panitia Pilkades pada 250 desa se- Kabupaten Probolinggo sebanyak 26.780 orang yang terdiri dari 1.876 orang Panlih desa dan 250 petugas kesehatan. Selain itu, ada 12.929 orang petugas KPPS pada 1.847 TPS, 3.684 orang petugas Linmas pada 1.847 TPS serta 2.500 tambahan anggota Linmas diperbantukan ke 250 desa. Sedangkan petugas kesehatan mengerahkan 5.541 orang petugas kesehatan di 1.847 TPS se-kabupaten Probolinggo.

Tidak hanya Kabupaten Probolinggo yang telah mengikuti Video Converence (Vidcon) dengan Ratna Anjani selaku Kasubid Penataan Desa Ditjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri, tetapi juga diikuti oleh 15 kabupaten/kota se-Jatim dan juga bersamaan Pilkades di luar pulau Jawa.

Plt Bupati Probolinggo Drs. Timbul Prihanjoko menjelaskan Pilkades ini sesuai dengan Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 sebagaimana telah diubah melalui peraturan Bupati Probolinggo Nomor 58 Tahun 2021 Tentang pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Pilkades serentak dilaksanakan di 250 Desa yang tersebar pada 24 Kecamatan dan diikuti 803 Calon Kepala Desa (Cakades) yang terdiri dari 71 Calon Kades Perempuan dan 796 Calon Kepala Desa Laki laki. Terdapat 3 (tiga) Calon Kepala Desa yang meninggal dunia setelah penetapan calon kepala Desa. Sedangkan TPS 13 Perumahan Pondok Pabean Indah Desa Pabean terdapat 363 hak pilih.

“Kami bersama Forkopimda melakukan pemantauan di beberapa TPS yang dinilai rawan. Hal-hal penting yang kami tekankan pada Calon Kepala Desa yang meraih perolehan suara terbanyak setelah proses perhitungan suara, untuk tidak terlalu berlebihan dalam merayakan kemenangannya dan tidak menimbulkan permasalahan dan kericuhan. Para calon kepala desa perlu saling menjaga situasi Pilkades berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” katanya. (y0n)