Depan > Pemerintahan > Plt Bupati Timbul Buka Program TMMD ke-114

Plt Bupati Timbul Buka Program TMMD ke-114

Reporter : Mujiono
TONGAS – Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 di lapangan Desa Bayeman Kecamatan Tongas, Selasa (26/7/2022). Program TMMD ke-114 ini mengambil tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

Pembukaan ini diikuti oleh ratusan pasukan yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Probolinggo, BPBD Kabupaten Probolinggo dan Pramuka. Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bertugas sebagai inspektur upacara (Irup). Sedangkan komandan upacara adalah Kapten Arm Puryadi (Danramil 0820/20).

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani dan Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa.

Pada upacara ini, Plt Bupati Timbul Prihanjoko menandatangani naskah penyerahan dan penerimaan program TMMD ke-114 tahun 2022. Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta serta penyerahan peralatan untuk TMMD secara simbolis diterima oleh dua orang peserta upacara. Untuk di tahun 2022 ini, program TMMD ke-114 sasarannya di Desa Klampok Kecamatan Tongas.

Pembukaan program TMMD ke-114 ini ditandai dengan pemukulan kentongan. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sosial untuk masyarakat miskin sekaligus melakukan peninjauan produk UMKM yang berada di sekitaran lapangan Desa Bayeman. Setelah selesai upacara, Plt Bupati Timbul dan anggota Forkopimda melakukan peninjauan di Desa Klampok sebagai sasaran pembangunan.

Plt. Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah dan segenap lapisan masyarakat berupaya mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Dengan program TMMD bersama pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” menjadi karya bhakti nyata untuk masyarakat. Yakni menggerakkan pembangunan dan menghidupkan kembali semua sektor kehidupan yang terganggu dan terhenti akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Menurutnya, TMMD ke–114 ini dilaksanakan selama satu bulan yang dipusatkan di Desa Klampok Kecamatan Tongas berupa kegiatan fisik pembangunan jembatan penghubung antara Desa Klampok Kecamatan Tongas dengan Desa Sebalong di Kecamatan Nguling. Disamping kegiatan fisik utama, juga dilaksanakan fisik pendukung yakni pavingisasi jalan lingkungan, pemasangan lampu penerangan jalan umum, pembangunan rumah tidak layak huni dan rehabilitasi musholla.

“Untuk kegiatan non fisik dilakukan dalam bentuk pembinaan dan pemberian bantuan di bidang kesehatan, pertanian, pendidikan, perekonomian, bidang pemuda dan olahraga, bidang kependudukan dan lain lainnya. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. (y0n)