Tuesday, September 21, 2021
Depan > Kesehatan > Peningkatan Kasus Covid-19 Didominasi Kluster Perkantoran, Keluarga dan Tenaga Medis

Peningkatan Kasus Covid-19 Didominasi Kluster Perkantoran, Keluarga dan Tenaga Medis

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Peningkatan kasus Covid-19 terjadi di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Probolinggo. Di Kabupaten Probolinggo, dalam 2 minggu terakhir peningkatan kasus mulai signifikan. Hal ini disebabkan kasus terkonfirmasi positif yang didominasi dari kluster perkantoran, kluster keluarga dan kluster tenaga medis.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan sumber penularan paling sering adalah anggota keluarga yang masih keluar masuk rumah tanpa protokol kesehatan yang baik atau sepulang dari menghadiri acara/pertemuan yang menghadirkan orang banyak.

“Saat hal itu menimpa salah satu anggota keluarga, maka sulit dielakkan menulari anggota keluarga lainnya. Sehingga saat orang yang terinfeksi tersebut berinteraksi di kantor, maka penularan merambat ke teman sekantornya,” katanya.

Di layanan kesehatan, banyak pasien yang tidak jujur dengan gejala yang dialaminya, baik itu riwayat kontak erat, riwayat perjalanan maupun riwayat pulang paksa dari rumah sakit lain, sehingga menularkan ke tenaga medis yang melayani.

“Upaya Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo terus diperkuat melalui peningkatan tracing (pemantauan kasus), testing (pemeriksaan Swab PCR dan rapid antibodi) dan treatment (isolasi pada semua penderita positif), peningkatan sosialisasi baik dengan memaksimalkan Patriot Sehat maupun monitoring operasi yustisi di 24 kecamatan,” terangnya.

Penggunaan rapid test antibodi semakin hati-hati dalam penggunaannya, karena skrining dengan rapid test antibodi dapat menimbulkan rasa aman palsu, sehingga saat ini untuk setiap kontak erat langsung dilakukan swab PCR agar tidak terjadi keterlambatan penegakkan diagnosa.

“Kami mohon kerja sama untuk semua pihak dan masyarakat, karena pandemi ini butuh peran semua sektor. Pemerintah fokus pada peningkatan 3T, masyarakat disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan menghindari 3K (kerumunan, kontak erat dan kamar/ruang tertutup). Ingat, rumus Zero Covid-19 adalah 3T +3M -3K. Bersama, Kabupaten Probolinggo pasti BISA, salam sehat selalu,” pungkasnya. (wan)