Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Uji Coba Wisata Glamour Camping

Pemkab Uji Coba Wisata Glamour Camping

Reporter : Hendra Trisianto
KRUCIL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan kegiatan uji coba wisata Glamour Camping (Glamping) di lapangan Bermi Kecamatan Krucil, Sabtu (16/11/2019) malam. Rencananya konsep wisata yang sedang trend dan life style masyarakat urban ini akan segera dikembangkan di Kecamatan Krucil dengan melibatkan peran Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan BUMDes sebagai pengelolanya.

Kegiatan ini diikuti oleh Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE didampingi suami yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs H Hasan Aminuddin M.Si, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono beserta seluruh pimpinan OPD dan Camat se- Kabupaten Probolinggo. Hadir pula saat itu Dr Aries Muftie, Pembina Yayasan Gerakan Desa Emas Indonesia.

Selain dihibur konser musik jazz, dalam kegiatan tersebut digelar pula pentas seni budaya dengan menampilkan seni tari berkualitas yang dibawakan oleh seniman lokal asuhan sanggar tari El Gibran PAC Kecamatan Krucil dan siswi SMA Leces dan Dringu. Beberapa tari yang ditampilkan diantaranya adalah Tari Sekar Rengganis, Tari Remo dan Tari Puspa Nawa Hati.

Sedikitnya 100 tenda dibutuhkan untuk menampung segenap peserta Glamping tersebut, tanpa terkecuali seluruh undangan malam itu merasakan pengalaman wisata camping outdoor bersama keluarga di dalam tenda dan jauh dari segala akomodasi dan fasilitas perhotelan.

Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari, SE dalam sambutannya mengatakan kegiatan seperti ini merupakan sarana menjalin keakraban bersamaan keluarga serta merekatkan kembali tali silaturahim antar teman sejawat dan sekantor. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini pikiran jauh lebih fresh, lebih bersemangat untuk bekerja dan yang terpenting memahami langkah apa yang harus dilakukan untuk membangun Kabupaten Probolinggo.

“Biasanya kita kalau meeting di ruangan atau indoor, namun kali ini kita semua bersama keluarga juga ingin mencoba merasakan experience menikmati keindahan dan sejuknya Desa Bermi Kecamatan Krucil sehari semalam. Semoga ini menjadi inspirasi bersama khususnya Pemerintah Kecamatan Krucil yang mempunyai potensi alam yang luar biasa,” ungkapnya.

Bupati Tantri menyebutkan kegiatan ini merupakan ikhtiar awal agar seluruh unsur pimpinan Pemkab Probolinggo terlebih dulu merasakan pengalaman ini pertama kali, sebelum nantinya konsep wisata ini dikembangkan lebih lanjut melalui pendekatan pemanfaatan APBD, APBDes maupun program-program pengembangan wisata lainnya.

“Insya Allah kedepan Kecamatan Krucil akan dikemas berbeda dengan wisata pada daerah lainnya seperti Gunung Bromo. Agar bisa memoles dan mendorong Kecamatan Krucil menjadi daerah tujuan wisata, menjadi tempat yang banyak dirindukan oleh para wisatawan serta banyak orang penasaran dan ingin datang dan berwisata di Krucil, dibutuhkan satu pikiran dan satu jalan yang senada,” urai Bupati Tantri.

Lebih lanjut Bupati Tantri menegaskan sebelum pengembangan sarana dan prasarana destinasi wisata, image positif masyarakat merupakan faktor utama yang dibutuhkan. Selanjutnya adalah SDM dan kesiapannya, yakni bagaimana memberikan keyakinan kepada wisatawan agar mau berwisata tanpa ada rasa khawatir dan takut akan gangguan kenyamanan dan keamanan diri mereka.

“Agar mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, dalam waktu dekat Pemkab Probolinggo bersama FKPS akan memberikan sosialisasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM masyarakat pengelola wisata. Seperti pengetahuan standar higienitas, toilet dan pengetahuan higienitas potensi kuliner yang ada di kawasan wisata di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)