Depan > Pemerintahan > Pemkab Sosialisasikan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.4

Pemkab Sosialisasikan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.4

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa memberikan sosialisasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4.4 di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pengadaan Barang/Jasa dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang pengadaan barang dan jasa secara elektronik dari Kasubag Layanan Pengadaan Secara Elektronik dari Biro Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Jawa Timur Masodik.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Probolinggo Suatmadi mengatakan pengadaan barang/jasa merupakan salah satu alat untuk menggerakkan perekonomian guna mensejahterakan kehidupan masyarakat.

“Pengadaan barang/jasa terutama di sektor publik terkait erat dengan penggunaan anggaran negara APBN maupun APBD. Yang menjadi titik terpenting adalah pelaksanaan pengadaan yang efektif dan efisien serta ekonomis untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan anggaran APBN/APBD,” katanya.

Menurut Suatmadi, sistem pengadaan secara elektronik akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan tehnologi. Peningkatan sumber daya manusia pengelola pengadaan barang/jasa di Kabupaten Probolinggo harus dilakukan secara berkesinambungan.

“Pengembangan infrastruktur teknologi dan sistem informasi perlu direncanakan secara komprehensip yang selanjutnya diimplementasikan untuk menunjang dan memfasilitasi pengadaan barang/jasa,” jelasnya.

Lebih lanjut Suatmadi menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa kepada para pengelola pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta merupakan rangkaian persiapan update SPSE dari SPSE versi 4.3 ke SPSE versi 4.4 “Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja pengadaan barang/jasa,” tegasnya.

Suatmadi mengharapkan semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Probolinggo benar-benar dapat menjalankan tugas pemerintah dengan baik dan bersih serta menjadi barometer pemerintah khususnya dalam urusan pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Tanyakan hal-hal yang belum dimengerti atau kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa,” pungkasnya. (wan)