Saturday, April 13, 2024
Depan > Kesehatan > Pemkab Raih Penghargaan UHC 2023 Program JKN

Pemkab Raih Penghargaan UHC 2023 Program JKN

Reporter : Syamsul Akbar
JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meraih penghargaan cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) 2023 Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.

Penghargaan UHC 2023 JKN tersebut diterima oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dari Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Penyerahan penghargaan UHC 2023 JKN ini disaksikan oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Kemenko PMK RI Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional.

Penghargaan UHC 2023 ini diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia yang telah mencapai kepesertaan JKN lebih dari 95%. UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pihak terkait di Kabupaten Probolinggo yang telah berpartisipasi dalam program JKN.

“Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan bukti komitmen pemerintah daerah mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam peningkatan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Dengan adanya penghargaan UHC ini Wabup Timbul mengaku sangat lega karena saat ini masyarakat Kabupaten Probolinggo lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam artian kalau sakit sekarang sudah tidak perlu terlalu rumit lagi karena sudah ada JKN. “Kalau tdak punya kartupun tidak harus menunggu 2 bulan. Masuk menjadi peserta BPJS, langsung bisa terlayani dengan baik,” tegasnya.

Menurut Wabup Timbul, penghagraan ini menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi Pemerintah Daerah bagaimana nantinya ke depan bisa tercover semua masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk masalah BPJS Kesehatan.

“Dengan demikian masyarakat Kabupaten Probolinggo dijamin urusan kesehatannya. Kita akan berusaha terus dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Kalau masyarakat sakit tidak perlu susah-susah karena sudah ada Pemerintah Daerah yang menanganinya. Bagi yang belum, ayo segera mengurus kepesertaan BPJS Kesehatannya, karena hal itu untuk kita semua,” terangnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko menyampaikan penghargaan ini diraih karena Kabupaten Probolinggo masuk dalam target minimal 95% dalam JKN. Total dari jumlah penduduk Kabupaten Probolinggo yang tercover asuransi BPJS Kesehatan itu sudah mencapai 95,89%. Sedangkan penilaian nasional itu 95 persen yang mendapatkan penghargaan.

“Dengan penghargaan UHC ini ke depan target Kabupaten Probolinggo harapannya bisa tercover sampai 98% dalam Jaminan Kesehatan Nasional. Namun semua itu tergantung dari dukungan anggaran yang ada,” katanya. (wan)