Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Program Probolinggo Sehat, 150 Anak Dikhitan Masal Gratis

Program Probolinggo Sehat, 150 Anak Dikhitan Masal Gratis

Reporter : Syamsul Akbar
BANTARAN – Dalam rangka melaksanakan program Probolinggo Sehat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Kraksaan melaksanakan khitanan masal gratis.

Secara keseluruhan, khitanan masal gratis ini diikuti oleh 150 orang peserta dengan kriteria anak dari keluarga kaum dhuafa fakir dan beragama Islam di Kecamatan Bantaran, Kecamatan Kotaanyar, Kecamatan Tiris dan Kecamatan Kraksaan.

Pelaksanaan khitanan masal gratis ini diawali di Kecamatan Bantaran, Minggu (28/2/2021) pagi. Kegiatan yang dipusatkan di SDN Patokan 1 Kecamatan Bantaran ini diikuti oleh 24 orang peserta. Mereka dikhitan oleh petugas kesehatan dari PC LKNU Kota Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzamil didampingi sejumlah Komisioner Baznas Kabupaten Probolinggo, Sekretaris PC LKNU Kota Kraksaan Sugianto dan Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan Kecamatan Bantaran.

“Khitanan masal gratis ini dilakukan untuk mewujudkan program Probolinggo Sehat. Usai dikhitan mereka kami berikan bingkisan berupa sarung, baju dan songkok,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzamil.

Sejak pagi hari, puluhan anak tersebut sudah mendatangi SDN Patokan 1 Kecamatan Bantaran. Suara tangisan terdengar saling bersahutan. Pelaksanaan khitanan masal gratis ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menurut Muzamil, khitanan masal gratis bagi anak kaum dhuafa faqir ini bertujuan dalam rangka kesucian sebagaimana perintah agama Islam. “Harapannya khitanan masal ini dapat meringankan beban para mustahiq dalam mengkhitankan anaknya,” harapnya. (wan)