Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Probolinggo Gelar Takbir Bersama Malam 1 Syawal 1445 Hijriyah

Pemkab Probolinggo Gelar Takbir Bersama Malam 1 Syawal 1445 Hijriyah

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melaksanakan kegiatan takbir bersama di penghujung Ramadhan, jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H di musholla Baitul Muttaqin, Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa, Selasa (9/4/2024).

Kumandang Takbir dan Tahmid dipimpin langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto beserta ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Probolinggo KH. Ahmad Masrur Nashor.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 19.00 WIB atau setelah sholat Isya’ berjamaah tersebut diikuti oleh para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Setelah diawali oleh Pj. Sekda Heri Sulistyanto, gema takbir dan tahmid juga di kumandangkan oleh Kh. Ahmad Masrur Nashor kemudian diikuti para Kepala OPD, yang juga mendapat kesempatan memimpin takbir dan tahmid secara berurutan.

Takbir dan tahmid telah dinantikan bagi kaum muslim, setelah sebulan penuh menjalani puasa Ramadhan. Malam takbiran adalah malam yang selalu dirindukan bagi semua umat manusia khususnya bagi umat muslim dengan mengagungkan kalimat takbir, tahmid dan ahlil.

Pj. Sekda Heri Sulistyanto menjelaskan bahwa Pemkab Probolinggo setiap menjelang Idul Fitri selalu mengumandangkan takbir dan tahmid bersama sebagai wujud rasa syukur menyambut hari kemenangan setelah berpuasa Ramadhan sebulan penuh.

Dijelaskan Pj. Sekda Heri Sulistyanto, kegiatan gema takbir dan tahmid bersama ini merupakan bentuk pengagungan akan kebesaran Allah SWT. Selain itu, kalimat takbir menjadi sebuah ungkapan kesadaran bahwasannya kebesaran itu hanya milik Allah SWT.

“Harapannya, dengan selesainya puasa Ramadhan yang dilanjutkan kumandang takbir dan tahmid bersama pada malam hari raya ini akan semakin meningkatkan semangat kita dalam melaksanakan amal kebaikan dan ibadah kita kepada Allah SWT, ujar Pj. Sekda Heri.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Sekda Heri Sulistyanto menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H. “Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT dan semoga kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun depan dan tahun-tahun berikutnya,” harapnya.(y0n)