Thursday, February 29, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kwarcab Pramuka Gelar Pesta 1000 Siaga Pramuka

Kwarcab Pramuka Gelar Pesta 1000 Siaga Pramuka

Reporter : Mujiono
TONGAS – Dalam meningkatkan kompetensi kepramukaan yang lebih berkarakter dan berkepribadian positif, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo bersinergi dengan Kwarran menggelar pesta 1000 siaga, Selasa (15/11/2022) di Obyek Wisata Pantai Bahak Kecamatan Tongas.

Pesta 1000 siaga yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Binawasa Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Hasin ini diikuti oleh anggota pramuka siaga yang berjumlah kurang lebih 520 peserta yang merupakan utusan Kwarran/Gugus Depan yang berada di Korwil Barat.

Kegiatan pesta 1000 pramuka siaga ini terbagi menjadi 3 (tiga) lokasi atau tiga tempat. Untuk korwil barat dilaksanakan di Pantai Bahak Kecamatan Tongas, korwil tengah dilaksanakan di Pantai Bentar Kecamatan Gending dan korwil timur dilaksanakan di Pantai Duta Kecamatan Paiton.

Untuk pesta siaga di obyek wisata Pantai Bahak diikuti oleh anggota pramuka siaga Kwarran Kecamatan Tongas sebanyak 14 orang, Sumberasih sebanyak 6 (enam) orang, Wonomerto sebanyak 6 (enam) orang, Sukapura sebanyak 6 (enam) orang, Lumbang sebanyak 6 (enam) orang, Bantaran sebanyak
4 (empat) orang, Kuripan sebanyak 6 (enam) orang dan Sumber sebanyak 4 (empat) orang.

Untuk korwil tengah akan diikuti Kwarran Leces sebanyak 6 (enam) orang, Banyuanyar sebanyak 8 (delapan) orang, Dringu sebanyak 6 (enam) orang, Gending sebanyak 18 orang, Maron sebanyak 6 (enam) orang, Tiris sebanyak 6 (enam) orang, Tegalsiwalan sebanyak 6 (enam) orang dan Pajarakan sebanyak 8 (delapan) orang.

Sedangkan korwil timur diikuti anggota Pramuka Siaga Kwarran Kecamatan Gading sebanyak 6 (enam) orang, Besuk sebanyak 8 (delapan) orang, Krucil 6 (enam) orang, Paiton sebanyak 16 orang, Krejengan sebanyak 2 (dua) orang, Kraksaan sebanyak 15 orang, Pakuniran sebanyak 10 peserta dan Kotaanyar sebanyak 6 (enam) orang.

Kegiatan pesta 1000 siaga yang dilakukan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo merupakan sarana pembelajaran bagi anggota pramuka siaga sekaligus sebagai sarana berlatih mandiri bagi anggota pramuka dalam kegiatan kehidupan yang sesungguhnya. Anak-anak pramuka siaga nantinya dapat mewujudkan rasa kebersamaan, kerukunan dan menjalin persaudaraan.

Waka Kwarcab Bidang Binawasa Kak Hasin menjelaskan pramuka Siaga sesuai dengan dharmanya, yaitu berbakti pada ayah dan bundanya yang mengandung maksud perbuatan baik sebagai anak di setiap hari, selalu menghormati dan selalu mematuhi. Menjadi seorang siaga dalam kepramukaan harus berani dan tidak putus asa, mengandung nilai yang baik untuk di amalkannya.

“Pendidikan Kepramukaan tidak hanya membuat anak-anak kita lebih berkarakter dan mempunyai kepribadian yang positif, tetapi pramuka juga mengajarkan anak-anak menjadi berpotensi dan berkualitas. Selain itu, juga mengenal lingkungan sekitar dan mengenal sesama dan juga budaya. Karena anak-anak sebuah harapan bangsa patut untuk diarahkan dan diberikan pendidikan yang baik,” katanya.

Selain dilaksanakan di Pantai Bahak Tongas, nantinya juga dilaksanakan di Pantai Randutatah (Duta) Kecamatan Paiton dan berlanjut di obyek wisata Pantai Bentar Kecamatan Gending sekaligus penutupan kegiatan pesta prestasi 1000 Pramuka Siaga tahun 2022, yang diselenggarakan pada tanggal 19 Nopember 2022. (y0n)