Thursday, February 29, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Peringati HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI

Pemkab Peringati HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-alun Kota Kraksaan, Kamis (17/8/2023) pagi. Tema Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 ini adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko. Sementara komandan upacara dipercayakan kepada Danramil 0820/20 Banyuanyar Kapten Arm Puryadi. Sedangkan perwira upacara adalah Danramil 0820/26 Tegalsiwalan Kapten Arh Murianto.

Upacara ini diikuti oleh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo, TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PGRI, Karang Taruna, organisasi profesi dan organisasi kepemudaan, mahasiswa, pelajar serta Pramuka.

Hadir dalam upacara ini jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), perwakilan perusahaan dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo, KPU serta para perwakilan organisasi di Kabupaten Probolinggo.

Tepat pukul 10.00 WIB, bunyi sirine terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 78 tahun lalu. Selanjutnya Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Probolinggo dengan formasi 17, 8 dan 45 sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera Merah Putih diserahkan oleh Plt. Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko kepada pembawa baki bendera Nadine Anggelina dari SMKN 1 Kraksaan untuk selanjutnya dikibarkan.

Bertindak sebagai Komandan Paskibraka adalah Kanit 2 Satresnarkoba Polres Probolinggo Ipda Heri Kasianto. Sementara 3 (tiga) orang pengibar bendera diantaranya Aditya Putra Prayoga dari SMAN 1 Kraksaan, Mohammad Djamaluddin Ahmad dari SMAN 1 Gending dan Atras Naufal Hirzhi dari SMA Taruna Dra Zulaeha.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini diiringi oleh Marching Band Prabu Linggih Drum Corp Kabupaten Probolinggo serta penampilan paduan suara Pammatra dari SMAN 1 Kraksaan dengan membawakan lagu Syukur, Indonesia Pusaka dan Hari Merdeka.

Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini diawali dengan penampilan Marching Band Prabu Linggih Drum Corp dan Tari Kolosal Kiprah Glipang yang dibawakan oleh guru-guru TK yang tergabung dalam IGTKI Kabupaten Probolinggo.

Plt. Bupati Timbul menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

“Alhamdulillah upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI berjalan lancar dan sukses. Kalian semua sangat luar biasa sekali. Mari kita bangkit bersama untuk membangun Kabupaten Probolinggo menjadi lebih baik,” katanya. (wan)