Monday, March 4, 2024
Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Paparan AKIP dan Monev Capaian Kinerja PD 2023

Pemkab Gelar Paparan AKIP dan Monev Capaian Kinerja PD 2023

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Organisasi menggelar penyampaian paparan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan monitoring dan evaluasi (monev) capaian kinerja Perangkat Daerah (PD) tahun 2023 pada 24, 28 dan 31 Agustus 2023.

Fokus evaluasi SAKIP tahun 2023 pada penanggulangan kemiskinan sehingga pendalaman evaluasi akan dilakukan pada Perangkat Daerah (PD) teknis pendukung penanggulangan kemiskinan meliputi Dinas PKPP, Dinas PUPR, Dinas Kominfo, Bapelitbangda, Dinkes, Dinas Dikdaya, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas PMD, DP3AP2KB, Disdukcapil, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, DKUPP, Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Kepemudaan, Pemuda dan Olahraga.

“Untuk memenuhi target Predikat AKIP ‘’BB’’ juga disiapkan PD Sampling evaluasi AKIP tahun 2023 meliputi Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD),” kata Kabag Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi.

Menurut Susilo, telah dilaksanakan penyampaian konsep paparan pelaksanaan AKIP Perangkat Daerah (teknis penanggulangan kemiskinan dan sampling evaluasi AKIP) serta progress capaian kinerjanya pada Tim AKIP Pemerintah Daerah tanggal 8 hingga 10 Agustus 2023.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk penyampaian paparan AKIP PD dan penyampaian capaian kinerja PD tahun 2023. Tujuannya untuk penyempurnaan paparan AKIP PD, mengetahui progress capaian kinerja PD sampai dengan Agustus 2023 serta persiapan evaluasi AKIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2023,” jelasnya.

Tim AKIP Pemerintah Daerah telah memberikan saran, masukan dan penyempurnaan paparan AKIP PD dan capaian kinerjanya dengan berpedoman pada kesesuaian outline paparan, kesesuaian dengan pohon kinerja dan kesesuaian dengan aspek-aspek perencanaan dan pelaksanaan kinerja, pengukuran dan evaluasi kinerja serta pelaporan/ pertanggungjawaban kinerja.

“Kebijakan pembangunan daerah dan fokus pembangunan daerah tahun 2023 yang diamanahkan ke PD, Renja PD tahun 2023 diantaranya pohon kinerja, cascading dan crosscutting serta pelaporan kinerja serta inovasi dalam mendukung peningkatan kinerja OPD,” terangnya.

Oleh karena itu seluruh PD diminta segera menyempurnakan paparan pelaksanaan AKIP PD tahun 2023 dan mengupload PPT nya pada link http://s.id/SAKIPKABPROB_23 paling lambat tanggal 28 Agustus 2023.

“Selain itu, menyusun pohon kinerja dan melakukan penjenjangan kinerja mulai dari JPT sampai dengan JFU/staf pelaksana, selanjutnya menuangkannya dalam SKP tahun 2023 paling lambat tanggal 31 Agustus 2023. Serta meningkatkan K3S (Komunikasi, Koordinasi, Kerja Sama dan Sinergi), strategi dan inovasi guna peningkatan kinerja PD dan Pemerintah Daerah,” pungkasnya. (wan)