Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Banyuanyar Street Carnival Meriahkan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Banyuanyar Street Carnival Meriahkan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Reporter : Mujiono
BANYUANYAR – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kecamatan Banyuanyar berkerjasama dengan Pemerintah Desa se-Kecamatan Banyuanyar menggelar kegiatan Banyuanyar Street Carnival, Senin (28/8/2023).

Hadir siang itu, Camat Banyuanyar Abdul Ghofur bersama jajaran Forkopimka Banyuanyar, koordinator Carnival Banyuanyar Heri Nurdi, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Banyuanyar. Hadir pula Ketua PHBN Kecamatan Banyuanyar Puryadi.

Banyuanyar Street Carnival atau Pawai Budaya Banyuanyar adalah event yang dinanti-nanti oleh masyarakat Kecamatan Banyuanyar. Kegiatan ini sempat absen digelar ketika pandemi Covid-19.

Banyuanyar Street Carnival kali ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama, start pukul 07.00 WIB dI lapangan hutan jati Desa Tarokan dan finish di depan SDN Banyuanyar Kidul. Sementara untuk kategori umum, start pukul 10.00 WIB dari depan Koramil 0820/20 Banyuanyar dan finish di depan SDN Banyuanyar Kidul.

Warga masyarakat sangat antusias menyaksikan di sepanjang jalan yang dilalui peserta karnaval. Demikian pula peserta yang membludak yang menyebabkan pawai berlangsung dari pagi sampai malam hari. Tercatat 54 kelompok peserta dari berbagai unsur ikut meramaikan Banyuanyar Street Carnival tahun ini.

Camat Banyuanyar Abdul Ghofur menjelaskan, Banyuanyar Street Carnival ini mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari masyarakat Banyuanyar setelah 2 (dua) tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.
“Pemerintah desa dan semua unsur masyarakat sangat mendukung kegiatan ini, tidak lain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Banyuanyar,” ujarnya.

Ditambahkan Abdul Ghofur, kegiatan tersebut bermaksud mengangkat seni budaya lokal dan mengisi peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat. (y0n)