Monday, September 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Fasilitasi Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok

Diskan Fasilitasi Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan bertajuk fasilitasi penumbuhan dan pengembangan kelompok di ruang pertemuan RM Ayam Bakar Bawangan Kecamatan Dringu, Senin (22/4/2019).

Kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan pelaku usaha perikana ini diikuti oleh 50 orang terdiri dari kelompok pemula dari Kecamatan Dringu, Gending, Pajarakan, Kraksaan, Banyuanyar, Maron dan Leces.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi penumbuhan pengembangan kelompok dan dinamika kelompok dari narasumber Penyuluh Perikanan Pertama dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Fonny Sukma Apsari mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan peran kelembagaan pelaku utama perikanan untuk menjadi kelompok yang mandiri, berkembang dan berkelanjutan.

“Selain itu, meningkatkan kemampuan anggota kelompok baik pengetahuan, keterampilan dan sikapnya. Harapannya, kelompok pelaku usaha perikanan akan semakin bertambah banyak dengan kualitas kelembagaan yang semakin baik,” katanya. (wan)