Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor

Pemkab Gelar Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka menyambut tahun baru 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melaui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor, Selasa (31/12/2019) malam hingga Rabu (1/1/2020) dini hari.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 grup hadrah dari Kecamatan Kraksaan, Besuk dan Pajarakan. Khusus untuk Kecamatan Kraksaan juga diadakan lomba Pawai Obor. Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor ini mengambil start di depan SMAN 1 Kraksaan dan finish di Pondok Pesantren Hati di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor ini dilepas secara resmi oleh suami Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dengan pengibaran bendera start.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala OPD dan Camat, Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo KH Syihabuddin Sholeh serta sejumlah tokoh agama di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan ini, para peserta atau grup membawa alat hadrah, sound system, genset dan becak. Mereka menabuh secara serempak perangkat hadrahnya sambil membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Serta membawa obor sepanjang perjalanan.

Mereka menempuh rute dengan start di depan SMAN 1 Kraksaan mulai pukul 19.30 WIB dan finish di Pondok Pesantren Hati Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Dari depan SMAN 1 Kraksaan, peserta festival bergerak ke arah timur melewati Jl. KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Kelurahan Sidomukti. Kemudian ke arah timur hingga depan RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan finish di Pondok Pesantren Hati.

Sesampainya di garis finish Pondok Pesantren Hati, mereka dihibur oleh Orkestra Suara Hati hingga detik-detik pergantian tahun dari 2019 ke 2020 yang dimeriahkan dengan pesta kembang api. Serta disediakan pula bakar ikan dan bakar jagung.

Aksi para grup hadrah ini memancing animo masyarakat untuk berduyun-duyun menyaksikan dari dekat dengan memenuhi kanan dan kiri jalan sepanjang rute yang dilaluinya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengungkapkan bahwa kegiatan Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor ini dilakukan karena ingin agar supaya masyarakat tidak terjebak kepada budaya bukan asli Indoensaua.

“Apalagi yang beragama Islam sampai terjebak kepada budaya di luar orang agama Islam. Toleransi itu pengamalannya bukan mencampuradukkan aqidah agama satu dengan lainnya,” katanya.

Menurut Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan ini, kegiatan ini dimaksudkan ingin meluruskan kembali budaya Indonesia asli. Karena setiap pergantian tahun masehi selalu diidentikkan dengan mabuk dan balapan motor yang selama ini terjadi di kota-kota besar.

“Hal ini ingin dicegah oleh Pemerintah Daerah (Pemda) atas keinginan alim ulama dan tokoh masyarakat. Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah saya mengucapkan terima kasih,” jelasnya.

Hasan mengharapkan semoga perjalananan dari start dan finish anak muda mendapatkan ridho Allah SWT dan syafaat Nabi Muhammad SAW. Sebab perjalanan grup hadrah ini nanti mensyiarkan sholawat Nabi Muhammad SAW agar Kabupaten Probolinggo diberikan perlindungan oleh Allah SWT, dijauhkan dari musibah dan menjadi kabupaten yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur.

“Saya mengajak walaupun sederhana, kegiatan ini hendaknya diistiqomahkan. Taburkan rahmat dari Allah SWT di bumi Kabupaten Probolinggo atas sholawatnya yang akan dikumandangkan oleh para peserta Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan hadiah kepada para pemenang Festival Hadrah On The Street dan Pawai Obor untuk menyemarakkan malam Tahun Baru 2020 oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Untuk kategori Festival Hadrah On The Street, juara 1 diraih oleh grup hadrah Al Jamilah Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan, juara 2 diraih grup hadrah Al Shomad Kecamatan Besuk dan juara 3 diraih grup hadrah Al Ikhsan Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan.

Sementara untuk pawai obor, juara 1 diraih oleh Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan, juara 2 diraih oleh Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan dan juara 3 diraih oleh Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan. (wan)