Wednesday, April 21, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Awali Tahun 2020 dengan Kegiatan Car Free Day

Awali Tahun 2020 dengan Kegiatan Car Free Day

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Penuh semangat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengawali hari pertama kalender baru tahun 2020 dengan menggelar kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga Jalan Diponegoro di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Rabu (01/01/2020) pagi.

Meskipun diwarnai dengan suasana rintik hujan namun masyarakat pengunjung dan seluruh elemen yang bertugas nampak antusias meramaikan jalannya CFD awal tahun ini. Termasuk deretan stand produk UKM dan IKM yang juga memilih untuk tetap bertahan pada posisi masing-masing.

Pemandangan serupa juga nampak pada komunitas penggemar senam Zumba yang selama ini memang selalu antusias memeriahkan CFD. Semangat mereka selalu berhasil membawa serta masyarakat pengunjung untuk ikut berolahraga bersama.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengemukakan bahwa melalui instruksi Bupati Probolinggo pihaknya mendapatkan tugas untuk mengawal jalannya CFD selama satu tahun ke depan. Dengan komitmen dan visi misi untuk menciptakan ruang dan wadah bagi masyarakat Kota Kraksaan dan sekitarnya untuk beraktifitas olahraga rekreatif bersama keluarga dengan nyaman dan aman.

Untuk memeriahkan even CFD pertama pada awal tahun ini, Dishub menggandeng Dinas Kesehatan untuk memberikan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pelayanan pengobatan. Sementara dari Dishub melaksanakan kampanye keselamatan berlalu lintas melalui pembagian helm SNI gratis kepada para pengunjung CFD.

“Keberhasilan penyelenggaraan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Kraksaan adalah bukti komitmen dan kerjasama berbagai unsur mulai dari Pemerintah Daerah dan para stakeholder. Semoga CFD betul-betul menjadi salah satu solusi untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih sehat, nyaman dan bersih di Kabupaten Probolinggo khususnya Kota Kraksaan,” kata mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo ini.

“Selain itu dengan rutinnya pelaksanaan CFD ini mudah-mudahan terus menstimulasi munculnya lapak/stand UKM/IKM Kabupaten Probolinggo lebih banyak lagi dalam rangka untuk menggerakan perekonomian masyarakat,” imbuhnya. (dra)

cww trust seal