Monday, December 6, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Diseminasi Kepatuhan Koperasi

Pemkab Gelar Diseminasi Kepatuhan Koperasi

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar diseminasi kepatuhan koperasi di RM Rahayu Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang peserta dari unsur Kantor Cabang Simpan Pinjam Koperasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto didampingi Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Siti Khoiriyah.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi dari narasumber Kasi Organisasi dan Tata Laksana Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Mochamad Iqbal Mahardiyani terkait kepatuhan koperasi pada aspek tata laksana meliputi organisasi, usaha dan permodalan serta Fungsional Pengawas Koperasi Josef Teguh Sulaksono terkait pedoman pengawasan dan pemeriksaan kesehatan koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan perubahan peraturan perkoperasian tentang pengawasan terbaru Permenkop RI Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengawasan Koperasi.

“Selain itu mensosialisasikan kepatuhan koperasi terhadap peraturan-peraturan sektoral bidang koperasi yang berlaku,” katanya.

Menurut Anung, implementasi reformasi total koperasi yang dicanangkan tahun 2016 dan pembaharuan koperasi yang dicanangkan tahun 2021 diwujudkan melalui peningkatan kepatuhan koperasi terhadap peraturan perkoperasian sebagai upaya untuk membangun koperasi di Kabupaten Probolinggo menjadi koperasi yang sebenar-benarnya koperasi yaitu koperasi yang sesuai jati diri.

“Disamping itu mewujudkan transparansi dan akuntabilitas koperasi untuk meningkatkan kepercayaan anggota dan stakeholder kepada koperasi. Dengan kepatuhan, transparansi dan akuntabilitas maka daya saing koperasi akan meningkat dan akan membentuk koperasi yang tangguh, sehat dan mandiri,” jelasnya.

Anung menegaskan penerapan kepatuhan bagi koperasi, khususnya Kantor cabang Simpan Pinjam koperasi sebagaimana surat Edaran Bupati Probolinggo Nomor 518/863/426.110/2021 Tentang Penyelenggaraan Koperasi di Kabupaten Probolinggo untuk segera dilaksanakan dan memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut.

“Kepatuhan, transparansi dan akuntabilitas koperasi akan mewujudkan tata laksana koperasi yang baik (good cooperative governance) yang nantinya akan meningkatkan citra (branding) positif bagi koperasi,” tegasnya.

“Melalui kegiatan ini harapannya terwujudnya kepatuhan, transparansi dan akuntabilitas bagi Kantor Cabang Simpan Pinjam Koperasi serta terwujudnya tata laksana koperasi yang baik,” pungkasnya. (wan)