Depan > Berita Terkini > Pemkab Gelar Bimtek Tahapan Pilkades Serentak 2022

Pemkab Gelar Bimtek Tahapan Pilkades Serentak 2022

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar bimbingan teknis (bimtek) tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Senin dan Selasa (24-25/1/2022).

Bimtek tahapan Pilkades serentak 2022 ini dihadiri oleh Camat serta Ketua dan Sekretaris Panitia Pemilihan (Panlih) dari 250 desa se-Kabupaten Probolinggo. Untuk menghindari terjadinya kerumunan, kegiatan ini dibagi 4 (empat) sesi dalam 2 (dua) hari. Dimana masing-masing sesi diikuti oleh 6 (enam) kecamatan.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi terkait tahapan Pilkades serentak 2022 dan pembentukan KPPS oleh narasumber yang terdiri dari Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Muhammad Idris dari DPMD Kabupaten Probolinggo dan Adhy Catur Indra dari Bagian Hukum Setda Kabupaten Probolinggo.

Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto melalui Kepala Bidang Penataan Desa Nur Rachmad Sholeh mengatakan untuk kegiatan ini dilakukan untuk bisa menyamakan persepsi dari panlih desa terkait dengan penanganan perselisihan gugatan hukum.

“Selain itu, pemahaman protokol kesehatan Pilkades aman Covid-19 dan masalah kampanye, teknis pembentukan KPPS, pemesanan surat suara serta penyiapan logistik di TPS (Tempat Pemungutan Suara),” katanya.

Melalui kegiatan ini Nur Rachmad mengharapkan agar semua ketua dan sekretaris panlih desa bisa menyampaikan kepada para calon anggota KPPS dan anggota panlih lainnya berkaitan dengan KPPS mulai dari tugas dan fungsinya, persiapannya, kelengkapannya hingga peralatannya.

“Intinya dalam hal penyampaian dari panlih desa, untuk sarana prasarana sudah disiapkan dan logistik sudah dipesan dengan beberapa pihak penyedia. Saat ini semuanya sudah berproses. Pada akhirnya pada tanggal 17 Pebruari 2022 ini semuanya sudah siap menyongsong Pilkades serentak tahun 2022,” pungkasnya. (wan)