Thursday, September 23, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Berikan Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM

Pemkab Berikan Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan pelatihan digital marketing bagi UMKM di RM Rahayu Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Selasa hingga Kamis (7-9/9/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh UMKM atau pelaku usaha pemula yang meliputi UKM mamin dan handycraft di wilayah Kecamatan Lumbang, Sukapura, Sumber, Kuripan dan Dringu. Sebagai narasumber adalah Team Yustina Suhandini Tjahjaningsih dari Universitas Panca Marga sekaligus pelaku usaha dan pengguna market place Shopee.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Zulkarnain mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan secara online, meningkatkan konversi penjualan serta hemat biaya.

“Selain itu dapat melayani costumer secara real time, membantu menjangkau pengguna smartphone, meningkatkan penjualan dan keuntungan serta membantu bisnis anda siap bersaing dengan kompetitor,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan pelatihan digital marketing ini dilakukan sebagai upaya untuk mencarikan jalan alternatif selain penjualan offline.

“Kegiatan ini dimaksudkan memberikan wawasan kepada pelaku usaha karena masih banyak pelaku UMKM di lingkungannya yang belum mengkomersilkan secara digital produk mereka sehingga jangkauan pemasarannya hanya terbatas pada masyarakat di wilayah atau kecamatan tertentu saja,” katanya.

Padahal jelas Anung, peluang pembeli dari dunia maya sangat sangatlah besar. Pengguna gadget di Indonesia itu jutaan, bahkan satu orang bisa memiliki handpone 2-3 buah. Dari peluang ini jangan sampai dilewatkan, sayang sekali. “Bahkan brand-brand besar yang tampaknya tidak mungkin ekspansi ke marketplace saja, tenyata mereka sudah beralih ke penjualan online,” jelasnya.

Menurut Anung, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo berupaya keras. Biarpun dalam masa pandemi Covid-19 kita masih eksis sehingga potensi lokal yang ada di masing-masing wilayah tidak terbuang dengan percuma.

“Kami berharap kepada masyarakat atau pelaku usaha untuk terus semangat dan tekun dalam mengembangkan usahanya. Semoga pelatihan digital marketing bagi pelaku usaha ini akan mendorong tumbuh kembangnya usaha mikro di wilayah Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (wan)